Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Enggak Masuk Haikal! Toyota Kijang Innova Bisa Nanjak Sambil Mundur Tanpa Digas, Videonya Auto Viral

Naufal Nur Aziz Effendi - Senin, 12 Juni 2023 | 15:30 WIB
Tangkap layar Toyota Kijang Innova nanjak sendiri tanpa digas pengemudinya, Anggota DPRD Komisi A Sumut, Hariyanto, sebut penyebabnya karena ditarik medan magnet.
Instagram @dr_hariyanto
Tangkap layar Toyota Kijang Innova nanjak sendiri tanpa digas pengemudinya, Anggota DPRD Komisi A Sumut, Hariyanto, sebut penyebabnya karena ditarik medan magnet.

GridOto.com - Beredar video yang memperlihatkan satu unit Toyota Kijang Innova, bisa nanjak dalam posisi mundur, tanpa diinjak pedal gasnya oleh pengemudi.

Video tersebut diunggah Hariyanto, anggota Komisi A DPRD Sumatera Utara (Sumut) dan Ketua Badan Kehormatan DPRD Sumut, melalui akun Instagram @dr_hariyanto.

Pada akun tersebut, Hariyanto mengungkapkan kalau Kijang Innova yang bisa nanjak sendiri itu, diduga karena tertarik medan magnet yang ada di sebuah bukit di Deli Serdang, Sumatera Utara.

"Viral, terdapat bukit magnet yang ada di Deli Serdang, tepatnya di Kecamatan Kutalimbaru. Tepat berada di Puncak Marga Silima," tulis Hariyanto.

Hariyanto dan rombongannya melakukan uji coba medan magnet di bukit tersebut dengan dua cara.

"Percobaan pertama dilakukan tanpa menginjak pedal gas, dalam kondisi mesin hidup, hasilnya mobil tersebut dapat tertarik mundur," jelasnya.

Lalu untuk percobaan kedua, mesinnya kini dimatikan dan pengemudi tetap tidak menginjak gas, hasilnya juga sama seperti pengujian yang pertama.

"Begitu juga ketika mesin mobil dimatikan, kendaraan juga seperti ada yang menarik, padahal tidak ada sedikit pun yang mendorong atau pun menarik Innova tersebut. Namun medan magnet yang membuat mobil tertarik mundur," beber Haryanto.

Dari video yang diperlihatkan, tanjakan yang ada dalam unggahan tersebut agak curam, dengan kondisi aspal tidak mulus.

Baca Juga: Bupati Aceh Besar Dibuat 'Melongo', Honda Jazz RS Bisa Jalan Sendiri Saat Mesin Mati

Uji coba sendiri dilakukan di permukaan yang aspalnya sudah hancur dan tampak seperti gundukan tanah.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dr. H. Hariyanto Lc. MA. (@dr_hariyanto)

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa