Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pelaku Balap Liar Kocar-kacir, Sembunyi di Sawah Malah Digelandang Petugas

Naufal Nur Aziz Effendi - Selasa, 16 Mei 2023 | 09:05 WIB
Jajaran Satlantas Polres Tapin, Kalimantan Selatan, mengamankan pelaku balap liar yang sembunyi di persawahan, Minggu (15/5/2023) sore.
ntmcpolri.info
Jajaran Satlantas Polres Tapin, Kalimantan Selatan, mengamankan pelaku balap liar yang sembunyi di persawahan, Minggu (15/5/2023) sore.

GridOto.com - Jajran Satlantas Polres Tapin berhasil menyita lima motor dari lokasi balap liar di wilayah Kecamatan Tapin Utara, Kalimantan Selatan (Kalsel) pada Senin (15/5/2023) sore.

Balap liar tersebut didominasi oleh anak-anak di bawah umur yang seringkali melakukannya tanpa tindakan keamanan yang memadai.

Menanggapi kejadian tersebut, Kapolres Tapin, AKBP Sugeng Priyanto, melalui Kasatlantas AKP Imam Suryana mengatakan bahwa penindakan terhadap aksi balap liar tersebut dilakukan sebagai Quick Respons dari aduan masyarakat.

"Kami mendapat informasi sekitar pukul 16.30 Wita dan langsung bergerak ke lokasi untuk mengepung dan mengamankan para pelaku balap liar yang sembunyi di kawasan persawaha," beber Imam dalam keterangannya, Minggu (15/5/2023).

Dari operasi tersebut, lima pengendara berhasil dihentikan dan selanjutnya diangkut ke kantor polres di Kota Rantau, Provinsi Kalsel.

"Mereka kemudian diberikan tindakan berupa penilangan dan pembinaan, sambil meminta orang tua mereka untuk hadir menjemput," lanjutnya.

Kasatlantas menyayangkan tindakan tersebut karena selain membahayakan diri sendiri maupun orang lain, juga dapat menyebabkan keresahan masyarakat.

"Untuk mengatasi permasalahan ini, kami selalu rutin melakukan patroli, pemetaan, dan penindakan serupa di sejumlah titik," jelasnya.

Namun, para pelaku balap liar tetap saja aktif dan bahkan mencari lintasan baru untuk melakukan aksi kebut-kebutan di jalan umum.

Baca Juga: Ogah Kecolongan Balapan Liar, Polres Metro Bekasi Bakal Patroli di Jam Rawan Balap Liar 

"Oleh karena itu, kami mengimbau kepada para orang tua untuk lebih mengawasi anak-anak mereka dalam keseharian, terutama dalam hal pergaulan berkendara sepeda motor," imbau Imam.

Imam juga menyarankan bahwa jika anak-anak tersebut memiliki minat dalam aksi adu kecepatan, mereka sebaiknya diarahkan untuk mengikuti event resmi.

“Kalau memang memiliki minat dalam aksi adu kecepatan, bisa saja diarahkan lebih serius. Kebetulan bulan depan Polres Tapin juga mengadakan event Drag Race sebagai wadah menyalurkan minat maupun bakatnya,” pungkasnya.

Editor : Hendra
Sumber : ntmcpolri.info

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa