Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Awal Mei 2023 Harga Naik, Toyota Vios Lepas Gelar Sedan Termurah di Indonesia?

Muhammad Ermiel Zulfikar - Sabtu, 6 Mei 2023 | 18:15 WIB
Harga Toyota Vios terkerek sebesar Rp 8 juta pada Mei 2023.
Aries Aditya/GridOto.com
Harga Toyota Vios terkerek sebesar Rp 8 juta pada Mei 2023.

GridOto.com - Masuk daftar mobil baru yang mengalami kenaikan harga pada Mei 2023, Toyota Vios kini dibanderol mulai Rp 322,9 juta hingga Rp 376,4 juta on the road (OTR) DKI Jakarta.

Adapun kenaikan ini tergolong besar jika dibandingkan model Toyota lain yang juga terkerek harganya, yakni sebesar Rp 8 juta.

Sebagai gambaran, pada April 2023 lalu Toyota Vios memiliki banderol mulai Rp 314,9 juta hingga Rp 368,4 juta OTR DKI Jakarta.

Menurut Pramuniga salah satu dealer Toyota di bilangan Jakarta, kenaikan harga Vios pada awal Mei 2023 disebabkan oleh sejumlah faktor.

“Kenaikan harga historis dikarenakan pengaruh exchange rate (nilai tukar) dan biaya manufaktur,” jelas Pramuniaga yang enggan disebutkan identitasnya ini kepada GridOto.com.

Hal itu juga menimbulkan pertanyaan, apakah kenaikan harga ini membuat Toyota Vios melepas gelarnya sebagai sedan termurah di Indonesia?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, GridOto coba membandingkan dengan harga Mazda2 Sedan, All New Honda City dan MG 5 GT sebagai rivalnya saat ini.

Toyota Vios dan Honda City mengisi segmen Small Sedan.
Rianto Prasetyo/GridOto.com
Toyota Vios dan Honda City mengisi segmen Small Sedan.

Mengutip daftar harga yang dibagikan lewat situs resmi masing-masing pabrikannya, per Mei 2023 Mazda2 Sedan dibanderol Rp 344,4 juta dan hanya tersedia satu pilihan varian.

Sementara MG 5 GT dihargai mulai Rp 347,9 juta hingga Rp 407,9 juta, serta All New Honda City memiliki banderol Rp 373,9 juta OTR DKI Jakarta.

Baca Juga: Toyota Vios Malaysia Harganya Lebih Murah dari City Termahal, Tapi...

Melihat rentang harga yang ditawarkan oleh setiap pabrikan, bisa dikatakan posisi Toyota Vios sebagai sedan termurah di Indonesia masih aman, lewat varian 1.5 E M/T seharga Rp 322,9 juta OTR DKI Jakarta.

Namun untuk bisa mendapatkan varian termurah dari Toyota Vios tersebut, konsumen harus melakukan pemesanan terlebih dahulu karena berstatus spot order.

Artinya, konsumen harus menunggu untuk mendapatkan unit yang mereka inginkan, lantaran stok yang dipesan belum tersedia.

Sedangkan bagi konsumen yang menginginkan sedan bertransmisi otomatis dengan harga termurah, maka pilihannya bisa jatuh ke Mazda2 Sedan yang memiliki banderol 344,4 juta OTR DKI Jakarta.

Mazda2 Sedan jadi sedan dengan transmisi otomatis termurah di Indonesia.
Muhammad Ermiel Zulfikar/GridOto.com
Mazda2 Sedan jadi sedan dengan transmisi otomatis termurah di Indonesia.

Untuk lebih jelasnya, berikut update harga Toyota Vios selama periode Mei 2023:

Tipe  Harga 
Toyota All New Vios 1.5 E M/T Rp 322,9 juta
Toyota All New Vios 1.5 G CVT (Non Premium Color) Rp 363,2 juta
Toyota All New Vios 1.5 G CVT (Premium Color) Rp 364,7 juta
Toyota All New Vios 1.5 G TSS CVT (Non Premium Color) Rp 376,4 juta
Toyota All New Vios 1.5 G TSS CVT (Premium Color) Rp 377,9 juta

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa