Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Suzuki XL7 Enggak Kuat Nanjak Sampai Berasap, Begini Cara Melibas Tanjakan Pakai Mobil Penggerak Depan

Naufal Nur Aziz Effendi - Selasa, 2 Mei 2023 | 13:35 WIB
Tangkap layar Suzuki XL7 kesulitan melibas tanjakan sampai ban selip dan berasap.
Twitter @pendakilawas
Tangkap layar Suzuki XL7 kesulitan melibas tanjakan sampai ban selip dan berasap.

GridOto.com - Akun Twitter @pendakilawas mengunggah video yang menampilkan Suzuki XL7 kesulitan melibas tanjakan, pada Sabtu (29/4/2023).

Dalam video tersebut, awalnya pengemudi Suzuki XL7 coba bermanuver dari posisi yang cukup curam dengan dibantu polisi untuk mengganjal ban.

Sebelum bisa mendaki, MPV Crossover berwarna putih ini mengalami selip di bagian roda depan yang juga sebagai penggeraknya sampai mengeluarkan asap.

Suzuki XL7 baru mulai bisa menanjak setelah didorong oleh tiga petugas, dibantu seorang polisi lainnya yang bertugas mengamankan jalan.

"Yang suka main di wisata dataran tinggi, disarankan jika beli mobil yang penggerak belakang," tulis @pendakilawas dalam cuitannya.

Nah yang menjadi pertanyaan, apa betul mobil penggerak roda depan atau FWD di segmen Low Sport Utility Vehicle (LSUV)seperti Suzuki XL7, Honda BR-V, atau Mitsubishi Xpander Cross kurang mumpuni untuk melibas tanjakan?

Menurut Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan mobil FWD memang tidak sebaik RWD (penggerak belakang) saat melewati tanjakan.

Namun dengan menjaga momentum dari bawah, menjaga kualitas kopling, dan menguasai teknik stop and go maka sebenarnya bisa saja melibas tanjakan dengan kendaraan berpenggerak tersebut.

Baca Juga: Toyota Kijang Innova Tak Sabaran Saat di Tanjakan, Berakhir Repotkan Mobil Lain, Netizen Sampai Kesal

"Momentum bisa didapatkan dengan menggunakan gear yang tepat di waktu dan kondisi jalan yang sesuai. Bisa saja kesalahan si pengemudi karena salah gigi dan jalur yang diambil adalah jalur paling curam," kata Marcell, dikutip dari Kompas.com.

Marcell melanjutkan, untuk mobil manual bila berada di tanjakan curam bisa menggunakan gigi 1.

Kemudian untuk start awal di tanjakan, pengemudi perlu angkat kopling untuk menambah power hingga mendapatkan titik pijak, baru kemudian melepas rem tangan sehingga mobil tidak sempat mundur.

"Selain itu kita harus melihat kondisi jalan, seperti di video jalan bagian dalam adalah bagian paling curam. Sehingga lebih baik ambil jalur agak melebar," pungkasnya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa