Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sisir Ranjau Paku di Tol Purbaleunyi Untuk Keamanan Pemudik, Polisi Malah Temukan Benda Tajam Lainnya

Naufal Nur Aziz Effendi - Selasa, 18 April 2023 | 15:00 WIB
Jajaran Satlantas Polres Cimahi melakukan penyisiran ranjau paku di Tol Purbaleunyi yang digunakan sebagai jalur mudik. ternyata menemukan benda tajam lainnya. (foto ilustrasi)
Dok. Jasa Marga
Jajaran Satlantas Polres Cimahi melakukan penyisiran ranjau paku di Tol Purbaleunyi yang digunakan sebagai jalur mudik. ternyata menemukan benda tajam lainnya. (foto ilustrasi)

GridOto.com - Untuk meningkatkan kenyamanan pemudik, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Cimahi melakukan pengumpulan paku dan benda tajam yang berpotensi menyebabkan kecelakaan di sepanjang jalan Tol Purbaleunyi.

Kepala Satlantas Polres Cimahi, AKP Sudirianto, mengungkapkan bahwa selama melakukan penyisiran di jalan tersebut, banyak paku dan benda tajam yang berhasil diambil dengan menggunakan tongkat magnet.

Penyisiran tersebut dimulai dari KM 100 Tol Purbaleunyi dari arah Jakarta ke arah Bandung sebagai jalur mudik.

"Pada hari Minggu (16/4), kami melakukan penyisiran ranjau paku dari KM 100 hingga KM 130 Kota Cimahi dengan menggunakan tongkat kayu magnet manual," kata Sudirianto dalam keterangannya.

Dalam penyisiran tersebut, ratusan butir paku yang sudah rusak dan berkarat berhasil terangkat oleh tongkat magnet. Selain itu, juga terdapat benda tajam seperti silet, potongan pisau cutter, dan kawat.

"Paku-paku tersebut kemudian dikumpulkan di dalam ember. Teknis penyisirannya dilakukan dengan berjalan kaki dan ada anggota polisi yang duduk di bagasi dan menyerap alat ke permukaan jalan," jelas Sudirianto.

Benda tajam yang tercecer di permukaan jalan tol rawan menyebabkan kecelakaan lalu lintas. kendaraan yang sedang melaju pada kecepatan tinggi akan kehilangan kendali jika salah satu bannya tiba-tiba kehilangan tekanan angin.

"Situasi ini bisa menyebabkan kecelakaan lalu lintas seperti terguling atau tabrakan beruntun karena kendaraan lain akan berhenti di bahu jalan," ujar Sudirianto.

Seorang pengendara bernama Hari (30) mengatakan bahwa ia pernah mengalami kebocoran ban di jalan tol beberapa kali, yang disebabkan oleh paku atau benda tajam yang berserakan di jalan.

Baca Juga: Jalur Mudik Arteri Karawang Rawan Bikin Ban Bocor, Polisi Temukan 1,5 Kg Ranjau Paku

"Saya pernah beberapa kali mengalami ban bocor saat mudik karena ranjau paku. Hal ini mengganggu perjalanan saya," kata Hari.

Hari mengapresiasi langkah Satlantas Polres Cimahi yang melakukan penyisiran ranjau paku dan benda tajam, karena dapat mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas di jalan tol.

Editor : Dida Argadea
Sumber : ntmcpolri.info

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa