Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Siap-siap, Puncak Arus Mudik Lebaran 2023 di Jateng Diprediksi Terjadi Besok, Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

Dida Argadea - Senin, 17 April 2023 | 10:15 WIB
Ilustrasi, Gerbang Tol Kalikangkung
Korlantas.polri.go.id
Ilustrasi, Gerbang Tol Kalikangkung

GridOto.com - Jawa Tengah jadi salah satu provinsi tujuan arus mudik Lebaran 2023, makanya pemudik diharapkan selalu waspada saat memasuki wilayah ini.

Apalagi kepadatan lalu lintas juga diprediksi bakal terjadi di sejumlah ruas tol di Jawa Tengah.

Kepadatan salah satunya diprediksi bakal terjadi di Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, pada Selasa 18 April 2023 mendatang.

Hal itu seperti ditegaskan oleh Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, yang menyatakan ribuan kendaraan berpotensi menumpuk di gerbang tol.

"Beban arus diperkirakan akan capai 3.000 kendaraan per jam saat puncak," kata Ahmad Luthfi, Sabtu (15/4/2023) dikutip dari Kompas.com.

Oleh sebab itu, ia menyatakan kalau pihaknya sudah menyiapkan sejumlah langkah antisipasi, seperti pemberlakuan arus satu arah atau one way dari barat.

"Manakala di Kalikangkung nanti beban lalu lintas masih berat, akan dilakukan one way lokal hingga Pintu Tol Bawen," ucapnya.

Tak cuma itu, skenario arus lalu lintas untu one way lokal pun juga sudah disiapkan olehnya.

“Ketika terjadi kepadatan, arus akan dibuang di Kaligawe, Batang, maupun exit lainnya. Sehingga saat penumpukan di Kaligawe tidak terjadi penumpukan,” bebernya.

Baca Juga: Jalan Tol Solo-Yogyakarta Segmen Kartasura Resmi Dibuka Fungsional Jelang Lebaran 2023, Kendaraan Melintas Tanpa Tarif

Ia menjelaskan, Polda Jateng juga sudah menyiapkan tim pengurai untuk mengatasi kepadatan di jalur konvensional saat penerapan one way.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Puncak Arus Mudik di Gerbang Tol Kalikangkung Diprediksi 18 April 2023, Ini Skenario Lalin Polda Jateng"

Editor : Dida Argadea
Sumber : TribunJateng.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa