Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sensor ISC Motor Yamaha Rusak Bikin Langsam Tidak Stabil, Harus Ganti?

Uje - Rabu, 12 April 2023 | 16:40 WIB
Sensor ISC di motor Yamaha
Uje
Sensor ISC di motor Yamaha

GridOto.com - Jika sensor ISC (Idle Speed Control) motor Yamaha rusak dan bikin langsam tidak stabil, apakah bisa diperbaiki atau harus diganti?

Masalah langsam atau idle motor injeksi yang tidak stabil sering diakibatkan oleh kerusakan sensor ISC untuk motor Yamaha.

Fungsi dari ISC sendiri adalah menentukan rpm saat idle atau langsam ketika motor baru dihidupkan.

"Sensor ini bekerja secara otomatis untuk mengatur langsam saat mesin motor pertama kali dinyalakan atau dalam kondisi mesin dingin. Seperti mengatur udara yang masuk dan mengatur rpm mesin," buka Suhendri, mekanik Bagus Motor di Jl. Rorotan Cakung, Cilincing, Jakarta Utara.

Baca Juga: Tips Servis CVT Motor Matic, Ini Efek Negatif Kencangkan Mur Pulley Depan Tanpa Kunci Torsi

"Saat sensor ini bermasalah, biasanya jumlah udara yang masuk atau rpm jadi tidak bisa diatur secara otomatis, atau malah jadi ngaco," lanjut Hendri sapaan akrabnya.

"Makanya langsam atau idle motor jadi bermasalah, bisa naik turun sendiri atau malah motor tidak mau langsam," tegasnya.

Saat kondisi seperti ini muncul, umumnya mekanik akan melakukan pembongkaran dan melakukan pembersihan pada ISC supaya langsam kembali normal.

Tapi untuk motor-motor berumur, umumnya sensor tersebut mengalami kerusakan dan tidak bisa diservis atau harus ganti baru.

Baca Juga: Banyak Dicari, Ini Ukuran dan Harga Ban Motor Corsa Platinum R46 Buat Motor Matic

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa