Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pimpin Rapat Persiapan Mudik Lebaran 2023, Presiden Jokowi Soroti Titik Kemacetan Menuju Pelabuhan Merak

Naufal Nur Aziz Effendi - Rabu, 12 April 2023 | 09:44 WIB
Titik kemacetan menuju Pelabuhan Merak jadi sorotan Presiden Jokowi, yakni jalur Cikuasa Atas dan Cikuasa Bawah.
Kompas.com
Titik kemacetan menuju Pelabuhan Merak jadi sorotan Presiden Jokowi, yakni jalur Cikuasa Atas dan Cikuasa Bawah.

GridOto.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin rapat terbatas bersama sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju di Pelabuhan Merak pada 11 April 2023, untuk membahas persiapan mudik Lebaran 2023.

Rapat tersebut diselenggarakan setelah Kepala Negara meninjau langsung kondisi Pelabuhan Merak jelang mudik Lebaran 2023.

Dalam rapat itu, Presiden Jokowi memperhatikan sejumlah catatan dari arus mudik sebelumnya yang harus diperbaiki pada arus mudik tahun ini.

Menurut Presiden Jokowi, salah satu hal yang harus diperbaiki adalah kemacetan panjang di jalur Cikuasa Atas dan Cikuasa Bawah menuju Pelabuhan Merak.

“Mudik tahun yang lalu ada catatan-catatan yang harus kita perbaiki dan catatan besar itu ada di Pelabuhan Merak dan juga di jalan tol. Oleh sebab itu, secara detail yang bekerja di lapangan itu harus betul-betul melihat, sehingga perbaikan dari manajemen tahun yang lalu untuk arus mudik sekarang harus lebih baik,” ujar Presiden.

Presiden Jokowi juga menghargai langkah perbaikan yang telah dilakukan Pelabuhan Merak dengan menambah dua dermaga dan kapasitas pemudik, serta penambahan jumlah tempat peristirahatan di jalan tol.

Meski demikian, Presiden meminta jajarannya untuk turun langsung ke lapangan dan menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi di lapangan saat arus mudik berlangsung.

“Kita harapkan utamanya selain Kementerian Perhubungan, Polri, TNI, saya minta agar BUMN, gubernur, bupati, wali kota betul-betul turun ke bawah untuk melihat problem secara detail sehingga bisa mengeksekusinya langsung di lapangan,” ucap Presiden.

Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas (ratas) persiapan mudik Lebaran 2023 di Pelabuhan Merak, 11 April 2023.
BPMI Setpres/Laily Rachev
Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas (ratas) persiapan mudik Lebaran 2023 di Pelabuhan Merak, 11 April 2023.

Baca Juga: Pelabuhan Ciwandan, Jalur Alternatif Penyeberangan Merak Macet Saat Mudik Lebaran 2023

Dengan perencanaan dan manajemen yang baik, Presiden berharap agar masyarakat yang melakukan mudik lebaran tahun ini mendapatkan pelayanan yang lebih baik dari tahun sebelumnya.

Diharapkan mudik tahun ini tidak ada lagi yang merasa berlama-lama di jalan atau di pelabuhan, dan mengalami kemacetan yang panjang saat melakukan perjalanan.

 

Editor : Dida Argadea
Sumber : presidenri.go.id

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa