Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Penyebab Utama Ban Mobil Benjol, Ini Dampaknya Jika Terus Digunakan

Wisnu Andebar - Kamis, 30 Maret 2023 | 19:50 WIB
Ilustrasi ban mobil benjol
Dok. Otomotif Group
Ilustrasi ban mobil benjol

GridOto.com - Salah satu kerusakan pada ban mobil yang kerap dijumpai adalah benjol, baik itu di bagian telapak maupun dinding ban.

Munculnya benjolan tidak memandang umur ban, dalam kondisi baru ataupun yang sudah lama juga bisa saja mengalami kerusakan tersebut.

Lantas, apa penyebab ban mobil bisa benjol meskipun kondisinya masih bagus?

Menurut Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000, penyebab utama ban mobil benjol adalah tekanan udara ban yang kurang lalu menabrak benda keras seperti batu, trotoar, atau lubang jalan.

"Tumbukan keras ini akan menyebabkan dinding ban menekuk, terjepit antara pelek dan permukaan jalan secara tiba-tiba, kemudian membuat anyaman benang pada dinding ban putus," ujar Nur Imansyah dalam keterangan resminya, Senin (27/3/2023).

Ia menjelaskan, benjol pada ban mobil biasanya tidak langsung muncul saat ban masih kekurangan tekanan udara.

Ketika tekanan udara ban ditambah, barulah akan mengisi rongga bekas benang yang putus dan muncul benjol di dinding maupun telapak ban.

Ia mengungkapkan, ban yang benjol akan menyebabkan kenyamanan berkendara berkurang karena seperti melewati jalan yang bergelombang.

Dampak lain yang ditimbulkan adalah kekuatan ban juga berkurang karena benang penahannya sudah putus, sehingga riskan jika kembali menabrak benda keras atau menahan bobot mobil saat muatan penuh.

Baca Juga: Ban Mobil Robek Samping, Masih Bisa Diperbaiki Asal Begini Kondisinya

Dalam jangka panjang, permukaan luar dinding ban dapat sobek sehingga anyaman benang terkena air dan udara luar.

Akibatnya akan timbul karat yang semakin merusak dinding ban. Ban dapat meletus kapan saja ketika mendapatkan tekanan kerja yang berat.

Untuk mencegah ban mobil mengalami benjol, Nur Imansyah menganjurkan menjaga tekanan udara ban sesuai rekomendasi pabrikan.

"Karena jika tekanan udara ban kurang, bisa menyebabkan keausan ban di kedua sisi luar, setir berat, hingga ban benjol saat menabrak benda keras," pungkasnya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa