Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Subsidi BBM Rp 800 Juta Digelontorkan Pemprov Sumatera Utara, Angkutan Sembako Full Senyum

Naufal Nur Aziz Effendi - Jumat, 24 Maret 2023 | 20:30 WIB
Pemprov Sumut gelontorkan subsidi BBM untuk angkutan sembako, totalnya Rp 800 juta.
Dok. Pertamina Patra Niaga
Pemprov Sumut gelontorkan subsidi BBM untuk angkutan sembako, totalnya Rp 800 juta.

GridOto.com - Subsidi bahan bakar minyak (BBM) sebesar Rp 800 juta digelontorkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara untuk kendaraan angkutan sembako.

Pemberian subsidi ini dilakukan dalam rangka menjaga kestabilan harga kebutuhan pokok saat bulan suci Ramadan hingga menjelang Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriyah.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Sumut, Agustinus, mengatakan bahwa bantuan subsidi BBM Rp 800 juta tersebut dianggarkan melalui APBD Sumut 2023.

"Kita memang memberikan bantuan ke konversi BBM. Hitungannya sekitar Rp 1 juta, jadi total bujet kita siapkan sekitar Rp 800 jutaan. Jadi, sekitar 800 penerima manfaat," ujarnya, dikutip dari Tribun-Medan.com, Jumat (24/3/2023).

Lanjut menurut Agustinus, latar belakang pemberian subsidi BBM karena biaya angkut merupakan salah satu indikator pembentuk harga kebutuhan pokok.

"Dalam pelaksanaan Bansos BBM ini, Pemprov Sumut melakukan intervensi terhadap biaya pengangkutan, yang menjadi salah satu indikator dalam pembentuk harga kebutuhan pokok tersebut," katanya.

Selain untuk menjaga kestabilan harga kebutuhan pokok, subsidi BBM juga dilakukan untuk menekan laju inflasi di Sumatera Utara.

Agustinus menyebutkan, regulasi dalam memberikan subsidi BBM kepada kendaraan bermotor pengangkut sembako ini juga telah diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) nomor 60 tahun 2019 tentang penyelenggaraan angkutan barang.

"Bahwa pemerintah wajib memastikan ketersediaan pelayanan angkutan barang. Untuk menjamin pendistribusian khususnya logistik berjalan dengan baik. Juga diatur terkait dalam bantuan sosial, kita tetap merujuk itu, dalam pemberian bantuan itu," ujarnya.

Baca Juga: Sehari Untung Rp 2 Juta, Operator SPBU Otak Penimbunan BBM Subsidi Diancam Denda Rp 60 Miliar

Dengan kebijakan subsidi BBM ini, Agustinus pun berharap pihaknya mampu mengendalikan harga kebutuhan pokok.

Tujuannya supaya harga barang-barang pokok tidak mengalami kenaikan secara signifikan saat Ramadan hingga jelang Lebaran.

"Kita harapkan bisa mengurangi biaya transportasi dan akhirnya mengurangi biaya. Sehingga harga bisa bersaing, kita harapkan harga tidak lonjak naik jelang Hari Raya," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Tribun-Medan.com dengan judul Pemprov Sumut Berikan Subsidi BBM untuk Pengangkutan Sembako Senilai Rp 800 Juta

 


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa