Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

MUDIK & LIBUR LEBARAN 2023

Pakar Transportasi Soroti Rest Area Jalan Tol, Fasilitas Penting Ini Perlu Ditambah untuk Arus Mudik Lebaran 2023

Naufal Nur Aziz Effendi - Jumat, 24 Maret 2023 | 16:30 WIB
Pakar transportasi menilai pemerintah perlu menambah fasilitas toilet di rest area menjelang periode mudik Lebaran 2023, ini alasannya.
Tribun Jateng/Amanda Rizqyana
Pakar transportasi menilai pemerintah perlu menambah fasilitas toilet di rest area menjelang periode mudik Lebaran 2023, ini alasannya.

GridOto.com - Menjelang periode arus mudik Lebaran 2023, pakar transportasi menyoroti kelengkapan fasilitas di rest area jalan tol.

Khususnya rest area di Tol Trans Jawa, perlu dilakukan penambahan fasilitas karena ruas yang menghubungkan banyak wilayah tersebut bakal dilintasi jutaan pemudik.

Berdasarkan survei yang dirilis Badan Kebijakan Transportasi Kementrian Perhubungan, sebanyak 9,2 juta orang memfavoritkan Tol Trans Jawa sebagai jalur mudik 2023.

“Pemudik sering memandang (akses) tol itu cepat. Akhirnya, sebagian besar memilih tol, sehingga pergerakan di tol menjadi lambat. Di sisi lain, area istirahat di tol kerap penuh dan menjadi sumber kemacetan,” ujar Djoko Setijowarno, Akademisi Prodi Teknik Sipil Unika Soegijapranata dikutip dari Kompas.com, Rabu (22/3/2023).

Menurut Djoko, sejumlah rest area yang tersedia di jalan tol saat ini dirancang untuk kondisi lalu lintas normal.

Padahal, saat memasuki periode arus mudik Lebaran, lalu lintas kendaraan yang melintasi jalan tol pasti di atas kondisi normal.

“Pemerintah perlu mengantisipasi peningkatan arus mudik Lebaran tahun ini dengan menambah fasilitas di tempat istirahat (rest area),” kata Djoko, yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Penguatan dan Pengembangan Kewilayahan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI).

Fasilitas penting yang perlu ditambahkan di rest area jalan tol menurut Djoko salah satunya adalah toilet.

“Seperti toilet, khususnya jumlah toilet untuk perempuan harus lebih banyak dari jumlah toilet untuk laki-laki. Juga dibangun rest area tambahan di beberapa tempat yang cukup menyediakan toilet,” ujarnya.

Baca Juga: Tak Punya Mobil, Penasaran Enggak Sih Gimana Cara Pedagang dan Karyawan Rest Area di Tol Bisa Masuk ke Lokasi?

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa