Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+
Advertorial

Perbedaan Daihatsu Rocky dan Toyota Raize yang Tak Banyak Diketahui Orang

Nana Triana - Selasa, 7 Maret 2023 | 13:10 WIB
Toyota Raize dan Daihatsu Rocky kembar tapi tak sama.
Dok. Istimewa
Toyota Raize dan Daihatsu Rocky kembar tapi tak sama.

GridOto.com – Sejak diluncurkan pada April 2021, Daihatsu Rocky dan Toyota Raize mendapatkan respons positif dari masyarakat. Produk ke-5 hasil kolaborasi Daihatsu dan Toyota di Indonesia ini hadir dengan beragam hal menarik, khususnya pada aspek desain serta harga. 

Desain kedua mobil tersebut menarik karena futuristik. Selain itu, harganya pun lebih terjangkau karena kedua mobil tersebut menggunakan casis yang sama. Dengan demikian, biaya produksi yang dikeluarkan menjadi lebih efisien. 

Meski demikian, hal ini tak lantas membuat Rocky dan Raize kembar identik. Tentunya, keduanya memiliki keunggulan masing-masing. Fitur-fitur berkendara yang disematkan pun tak semua sama. Begitu pula dengan urusan harga.

Supaya enggak penasaran, berikut beberapa perbedaan antara Daihatsu Rocky dan Toyota Raize. 

  1. Eksterior

Secara dimensi, keduanya sama-sama dibangun dari platform body Daihatsu New Global Architecture (DNGA) dengan panjang 4.030 milimeter (mm), lebar 1.710 mm, dan tinggi 1.635 mm, serta ditunjang ground clearance setinggi 200 mm.

Daihatsu Rocky mungkin lebih cocok mendapat sebutan sport utility vehicle (SUV) mungil yang tangguh. Ini berkat desain grill trapezoid yang melebar ke atas disertai cover fog lamp yang lebar di bagian depan.

Sedangkan Toyota Raize lebih cocok untuk mendapat julukan SUV mungil yang gahar. Gril depannya berbentuk trapezoid ke bawah dengan cover fog lamp berbentuk “F” menampilkan kesan tangguh.

Selain bagian depan, nyaris tak ada perbedaan signifikan dari desain eksterior kedua SUV kompak ini. Fasad samping dan belakang bisa dibilang sebelas dua belas, hanya beda logo saja.

Pembeda lain ada pada bentuk velg yang digunakan. Daihatsu Rocky mengusung velg alloy dengan bentuk kipas trapezoid two tone berwarna metal. Sedangkan Toyota Raize memilih bentuk kincir, dan bilah pisau yang berwarna gelap elegan.

Untuk pilihan warna, Raize lebih variatif dengan 11 pilihan warna dibandingkan Daihatsu Rocky yang hanya menyediakan 8 variasi. Selain itu, varian 2-tone dari Raize ada 5 jenis, lebih banyak dari Rocky yang hanya tersedia dalam pilihan warna merah-hitam dan putih-hitam.

Editor : Sheila Respati

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa