Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Presiden Jokowi Resmikan Flyover Kopo Senilai Rp 228 Miliar

Muslimin Trisyuliono - Minggu, 5 Maret 2023 | 20:34 WIB
Flyover Kopo diresmikan Presiden Jokowi
Dok. Kementerian PUPR
Flyover Kopo diresmikan Presiden Jokowi

GridOto.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, akhirnya meresmikan flyover Kopo di Kota Bandung, Jawa Barat.

Adapun flyover Kopo sebagai upaya mengurai kemacetan arus kendaraan yang terjadi di persimpangan Kopo, Cibaduyut dan Pasir Koja di Bandung.

"Untuk mengurai kemacetan dan memperlancar lalu lintas di Kota Bandung kita sudah bangun flyover Kopo dengan biaya Rp 228 miliar," ujar Jokowi dalam keterangan tertulisnya, Minggu (5/3/2023).

Flyover Kopo membentang 1,3 km
Dok. Kementerian PUPR
Flyover Kopo membentang 1,3 km

Flyover Kopo membentang di Jalan Soekarno-Hatta sepanjang 1,3 km di daerah Kopo yang merupakan jalur utama untuk wilayah Cimahi-Bandung, serta penghubung Kota Bandung dan Kabupaten Bandung.

Sementara itu, jembatan layang ini mulai dibangun pada November 2021 dan telah selesai September 2022.

Kemudian Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Bina Marga telah mulai mengoperasikan flyover Kopi untuk umum pada Oktober tahun lalu.

Flyover Kopo diresmikan Presiden Jokowi
Dok. Kementerian PUPR
Flyover Kopo diresmikan Presiden Jokowi

Baca Juga: Urai Kemacetan di Bandung, Flyover Kopo Sepanjang 1,3 Kilometer Mulai Beroperasi

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, menambahkan Pembangunan infrastruktur jembatan, flyover dan underpass bisa memperlancar konektivitas dan aksesibilitas lalu lintas.

"Di samping itu memberikan alternatif bagi warga untuk meningkatkan produktivitas perekonomian kota dan kawasan," ucap Basuki.

Lanjut menurut Basuki, untuk di Kota Bandung sendiri masih ada satu infrastruktur konektivitas yang diusulkan pemerintah daerah di Buah Batu.

Kemudian Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga merencanakan akan menghiasi flyover Kopo dengan monumen Cibaduyut, yang terkenal dengan sentra industri sepatu.

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa