Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sudah Diresmikan, Jokowi Sebut Tol Semarang-Demak Bisa Antisipasi Banjir Rob di Masa Depan

Dia Saputra - Sabtu, 25 Februari 2023 | 18:58 WIB
Presiden Jokowi saat meresmikan Tol Semarang-Demak di Gerbang Tol Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah (Jateng), Sabtu (25/02/2023).
jatengprov.go.id
Presiden Jokowi saat meresmikan Tol Semarang-Demak di Gerbang Tol Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah (Jateng), Sabtu (25/02/2023).

GridOto.com - Presiden Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi resmikan Tol Semarang-Demak seksi II ruas Sayung-Demak, Sabtu (25/02/2023).

Peresmian Tol Semarang-Demak yang dilakukan Jokowi itu berlangsung di Gerbang Tol Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah (Jateng).

Dalam kesempatan itu, Jokowi menyebut Tol Semarang-Demak bisa mempercepat transportasi logistik dan mencegah banjir rob yang kerap terjadi.

"Saya sangat menghargai Tol Sayung-Demak yang selesai dibangun ini, tol ini sekaligus sebagai tanggul laut," ucap Jokowi dikutip dari setkab.go.id.

Ia memprediksi, banjir rob akan semakin jauh dan levelnya akan semakin tinggi masuk ke daratan di masa mendatang.

"Hal itu bisa kita cegah dengan fungsi jalan tol sekaligus tanggul laut ini," tutur Jokowi.

Selain itu, ia berharap infrastruktur sepanjang 16,01 km itu bisa dihubungkan dengan sentra produksi dan industri di wilayah sekitar.

"Saya hanya mengingatkan, bahwa seluruh jalan tol yang berada di Tanah Air segera dihubungkan dengan kawasan produksi di masing-masing wilayah," tambahnya.

Presiden meyakini tersambungnya kawasan industri, pertanian, perkebunan, hingga pariwisata akan mendorong efisiensi sekaligus meningkatkan daya saing Indonesia.

Baca Juga: Akhirnya Tarif Tol Semarang-Demak Bakal Diberlakukan, Yuk Cek Perincian Tarifnya

"Dengan begitu manfaat jalan tol benar-benar akan memberi kecepatan baik dalam transportasi logistik," ungkap ayah Gibran Rakabuming Raka.

Setelah memberi sambutan, Jokowi menekan tombol sirine sebagai penanda bahwa Tol Semarang-Demak resmi dibuka.

Hal itu juga disaksikan oleh Pratikno (Menteri Sekretaris Negara), Basuki Hadimuljono (Menteri PUPR), Hadi Tjahjanto (Menteri Agraria dan Tata ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional), Ganjar Pranowo (Gubernur Jateng), dan Eisti'anah (Bupati Demak).

Editor : Eka Budhiansyah
Sumber : Setkab.go.id

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa