Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bridgestone Siapkan Ban Mobil Listrik yang Bikin Irit Baterai, Kapan Meluncur di Indonesia?

Wisnu Andebar - Jumat, 24 Februari 2023 | 13:05 WIB
Bridgestone akan luncurkan ban mobil listrik dengan teknologi Enliten.
4Legend
Bridgestone akan luncurkan ban mobil listrik dengan teknologi Enliten.

GridOto.com - Seiring dengan berkembangnya tren kendaraan elektrifikasi, PT Bridgestone Tire Indonesia berencana untuk meluncurkan ban mobil listrik untuk pasar otomotif Tanah Air.

Menurut Presiden Direktur Bridgestone Indonesia, Mukiat Sutikno, ban mobil listrik dirancang dengan teknologi khusus agar penggunaan baterai lebih efisien.

Bridgestone sendiri sejatinya sudah memiliki ban mobil listrik yang dijual untuk pasar Eropa mengusung teknologi Enliten yang lebih enteng.

"Bobot kendaraan listrik lebih berat dibanding mobil biasa. Sebab itu, ban mobil listrik dibuat lebih ringan," ujar Mukiat saat berada di Jakarta Pusat belum lama ini.

"Namun, untuk peluncuran di Indonesia kita tunggu saja tanggal mainnya,” sambungnya.

Selain menjadikan lebih ringan dibandingkan ban biasa, ia menjelaskan ban mobil listrik juga dirancang khusus dengan teknologi Low Rolling Resistance (LRR).

Teknologi tersebut diklaim mampu menghasilkan hambatan gulir yang rendah, sehingga secara signifikan mampu menghemat pemakaian daya baterai mobil listrik.

“Tantangan dari pengembangan ban mobil listrik ini adalah bagaimana secara kualitas, durabilitas, dan safety sama, tetapi lebih enteng," terangnya.

Lanjut Mukiat memaparkan, inovasi ban mobil listrik ini sejalan dengan program Bridgestone E8 Commitment sebagai perusahaan solusi berkelanjutan.

Baca Juga: Ogah Mencemari Lingkungan, Begini Cara Bridgestone Daur Ulang Limbah Ban Bekas

Program Bridgestone E8 Commitment meliputi Energy (Energi), Ecology (Ekologi), Efficiency (Efisiensi), Extension (Ekstensi), Economy (Ekonomi), Emotion (Emosi), Ease (Kemudahan), dan Empowerment (Pemberdayaan).

Selain tercermin pada teknologi produk, aksi nyata Bridgestone terhadap komitmen E8 dibuktikan melalui berbagai program tangggung jawab sosial (Corporate Social Responsibility/CSR).

Seperti proyek pengelolaan ban bekas serta aksi konservasi hutan mangrove dan pemberdayaan masyarakat dengan pembinaan produk olahan makanan di sekitar Muara Gembong, Bekasi.

Selain itu, budaya dan semangat berkelanjutan diwujudkan melalui program Sustainability Day dan pelatihan duta sustainability di ranah internal perusahaan

“Fondasi program keberlanjutan di Bridgestone pada dasarnya mengacu pada strategi lima pilar, yaitu carbon neutral, ekonomi sirkular, solusi dan inovasi produk, pemberdayaan komunitas, serta pola pikir dan budaya berkelanjutan," imbuh Yunus Triyonggo selaku HR & GA Director Bridgestone Indonesia.

"Hal tersebut saat ini sudah sejalan dengan program perusahaan dan pengembangan teknologi di Bridgestone,” pungkas Yunus.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa