Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tol Cisumdawu Akan Diresmikan Presiden Jokowi Bulan Ini, Tapi Pengerjaan Dua Jembatan Belum Selesai

Ruditya Yogi Wardana - Selasa, 21 Februari 2023 | 10:44 WIB
Jalan Tol Cisumdawu mau diresmikan Presiden Jokowi pada Februari 2023, tapi pengerjaan dua jembatan belum juga selesai.
Dok. Kementerian PUPR
Jalan Tol Cisumdawu mau diresmikan Presiden Jokowi pada Februari 2023, tapi pengerjaan dua jembatan belum juga selesai.

GridOto.com - Penyelesaian pengerjaan Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan), Jawa Barat (Jabar) masih terus dikejar agar sesuai dengan target yang ditetapkan Pemerintah.

Untuk progresnya, pengerjaan Jalan Tol Cisumdawu Seksi 4 Cimalaka-Legok dan Seksi 6 Ujung Jaya-Dawuan sudah hampir selesai.

Hanya saja untuk pengerjaan Jalan Tol Cisumdawu Seksi 5A dan 5B, tepatnya jembatan di Conggeang serta Cacaban, Kabupaten Sumedang justru belum selesai hingga sekarang.

Padahal Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) rencananya mau meresmikan jalan tol ini, bersamaan dengan museum di Masjid Al Jabbar, Bandung pada Februari 2023.

Menanggapi hal ini, Bagus Medi selaku Direktur Teknik PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) menyebutkan kalau peresmian jalan tol bisa dilakukan kalau sudah laik operasi.

"Kalau lihat situasi dan kondisi, kayaknya belum memungkinkan untuk Presiden Jokowi datang buat meresmikan, soalnya ada namanya laik fungsi dan laik operasi," kata Bagus, dikutip dari Tribunjabar.id, Minggu (19/02/2023).

Ia menambahkan, untuk sekarang CKJT masih berusaha untuk mempercepat pengerjaan jalan tol, khususnya untuk jembatan di Seksi 5A dan 5B.

Tapi CKJT tetap akan memperhatikan kualitas pengerjaannya, terlebih banyak tahap yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan pembangunan jembatan.

Mulai harus membuat pancang, fondasi, kolom bentagan, belum ditambah pengecoran hingga membuat lantai lintasan pada jembatan yang jelas membutuhkan waktu cukup lama.

Baca Juga: Kabar Jalan Tol Cisumdawu Beroperasi Penuh Jadi Angin Segar, Bisa Bantu Tingkatkan Ekonomi Majalengka

Belum lagi ada hambatan kondisi cuaca, karena curah hujan di Sumedang tergolong cukup tinggi akhir-akhir ini.

"Cor kan ada umurnya, butuh waktu supaya betonnya kuat dan tidak lembek saat dilintasi," pungkas Bagus.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Akan Diresmikan Presiden Jokowi, Dua Jembatan di Proyek Tol Cisumdawu Sumedang Belum Rampung.

Editor : Dida Argadea
Sumber : TribunJabar.id

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa