Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Viral, Rombongan Motor Korps Brimob Masuk Tol Jakarta-Tangerang, Begini Penjelasannya

M. Adam Samudra - Jumat, 10 Februari 2023 | 08:10 WIB
Rombongan motor brimob lewat jln tol
Istimewa
Rombongan motor brimob lewat jln tol

GridOto.com - Viral di sosial media rombongan motor diduga dari satuan Korps Brimob masuk  Tol Puri Indah ke arah Tomang, pada Kamis Malam (9/2/2023) pukul 19.25 WIB.

Video itu pun viral setelah diunggah oleh akun Instagram @updateinfojakarta.

Dalam video tersebut terlihat rombongan menggunakan pakaian atau rompi berwarna hitam dan menggunakan jalur sebelah kanan.

"Rombongan Polisi Brimob masuk Tol Jakarta-Tangerang nih, lebih tepatnya dari Tangerang ke arah tomang (Puri Indah). Pertanyaan saya emang boleh ya rombongan Pemotor Brimob masuk tol," kata si perekam.

Saat dikonfirmasi, Kepala Induk Patroli Jalan Raya Tol Tangerang-Jakarta, Kompol Suwito berikan penjelasan.

Ia pun mengirimkan teks berisikan klarifikasi dari Humas Korps Brimob Polri.

"Rabu, 8 Februari 2023 pukul 19.25 telah beredar video rombongab motor Brimob yang memasuki tol Puri Indah ke arah Tomang yang saat ini viral di Twitter. Bahwa benar dalam kegiatan tersebut tenah dilakukan patroli/pengawalan motor gabungan yang dilakukan oleh personel Korlantas, Patroli Presisi dari Polres dan Tim Patra Satuan Brimob Polda Metro Jaya kepada rombongan pemain sepak bola Dewa United vs Borneo FC yang digelar di Stadion Indomilk Arena, Tangerang, Rabu (8/2/2023)," tulis pesan tersebut.

Baca Juga: Pembangunan Jalan Tol Samarinda-Bontang Tetap Berjalan, Walau Dicoret dari Proyek Strategis Nasional

Ini untuk memberikan pelayanan terkait pengamanan kepada para klub kesebelasan yang melakukan pertandingan baik dari akomodasi, perjalanan menuju dan kembali dari tempat pertandingan dengan aman dan nyaman.

Hal ini juga dilakukan guna mengantisipasi kejadian anarkis yang dilakukan terhadap salah satu klub sepak bola seperti yang telah terjadi pada Sabtu (2/1/2023) malam, bahwa telah terjadi lemparan batu kepada bus yang ditumpangi pemain dan official Persis Solo oleh sekelompok orang tak dikenal yang terjadi di kawasan Kelapa Dua hingga pintu tol Panunggangan, yang mengakibatkan korban luka-luka dan kerusakan pada bus.

"Memang benar larangan motor melintas di jalan tol mengacu ke Peraturan Pemerintah (PP) No 44 Tahun 2009 Tentang Perubahan  Atas PP No 15 tahun 2005 Tentang Jalan Tol. Dalam peraturan ini, disebutkan bahwa jalan bebas hambatan hanya diperuntukkan untuk kendaraan roda empat atau lebih," tulis pesan tersebut.

Berdasarkan pertimbangan keamanan maka dapat dilakukan langkah pencegahan/antisipasi dengan mendasari UU No 2 tahun 2002.

Yaitu Pasal 18 Diskresi merupakan Kewenangan yang legal Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian disebutkan bahwa tindakan pencegahan tetap diutamakan melalui pengembangan asas preventif dan asas kewajiban umum kepolisian, yaitu memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat.

Dalam hal ini setiap pejabat kepolisian Negara Republik Indonesia memiliki kewenangan diskresi, yaitu kewenangan untuk bertindak demi kepentingan umum berdasarkan penilaian sendiri.

Diskresi kepolisian tersebut merupakan langkah pencegahan yang bertujuan untuk mendukung kemajuan persepakbolaan di Indonesia agar dapat bergulir dengan aman dan dinikmati masyarakat luas diseluruh Indonesia.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh updateinfojakarta (@updateinfojakarta)

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa