Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sempat Heboh Toyota Calya Raib Digasak Pencuri di Parkiran Hotel, Immobilizer Bisa Dibobol?

Nabiel Giebran - Kamis, 9 Februari 2023 | 12:20 WIB
Toyota Calya milik Chris Ryan hilang di parkir lobi hotel di kawasan Bogor, Jawa Barat.
IG. christ_ryan
Toyota Calya milik Chris Ryan hilang di parkir lobi hotel di kawasan Bogor, Jawa Barat.

GridOto.com - Aksi pencurian Toyota Calya yang terjadi di parkiran Hotel cukup sempat membuat geger di media sosial, hingga menimbulkan pertanyaan terkait fungsi imobilizer.

Adapun kejadian tersebut dialami Chris Ryan dan diceritakan lewat sebuah postingan di akun Instagram pribadi miliknya, @chirst_ryan.

Dijelaskan bahwa Toyota Calya miliknya tersebut rain digondol maling saat terparkir di salah satu Hotel di wilayah Bogor, Jawa Barat.

“Datang bawa mobil pulang cuma bawa koper hilang mobil di lobby hotel,” tulisnya dalam postingan yang disitat GridOto.com, Sabtu (4/2/2023).

Setelah ditelusuri, Toyota Calya milik Christ yang hilang digondol maling merupakan varian G atau tertinggi dengan lansiran 2018.

Menurut spesifikasi Toyota Calya tersebut sudah dilengkapi dengan Immobilizer, yakni sebuah fitur keamanan untuk menghindari tindak pencurian.

“Betul, untuk Toyota Calya sudah dilengkapi dengan kunci Immobilizer. Teknologi ini dibuat untuk menghindari mobil dari pencurian,” kata Saiful Anwar, Service Manager Plaza Toyota Citeureup kepada GridOto.com.

Dengan teknologi Immobilzer, mobil tidak hanya mengandalkan anak kunci saja untuk bisa dihidupkan, melainkan juga menggunakan chip yang sudah disinkronkan dengan ECU. 

Berkat kecanggihan tersebut, mesin tidak lantas bisa dihidupkan meskipun kunci mobil bisa dibobol, karena ECU harus mengenali chipnya. 

Baca Juga: Mediasi Kasus Toyota Calya Hilang di Parkiran Hotel Gagal, Begini Penjelasan Pemilik 

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa