Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bukan Sekedar Tanda, Ternyata Segi Tiga Kecil di Ban Motor Punya Fungsi Penting

Rudy Hansend - Selasa, 17 Januari 2023 | 15:05 WIB
Tanda segitiga kecil di sisi ban motor
Rudy Hansend/GridOto.com
Tanda segitiga kecil di sisi ban motor


GridOto.com - Mayoritas pengguna motor mungkin hanya melihat kondisi ban dari alurnya saja, apakah masih punya ulir tebal atau sudah gundul.

Sebenarnya ada cara lain yang lebih presisi, untuk mengetahui apakah ban motor tersebut masih layak digunakan atau tidak.

Caranya adalah dengan melihat tanda segi tiga TWI (Tread Wear Indicator) yang ada di dinding ban motor (sidewall), dekat dasar tapak ban.

"Segitiga TWI ini berfungsi sebagai tanda batas aman ban. Batas aman tersebut, menandakan ban sudah aus jika sudah menyentuh tanda segitiga pada dinding ban motor," kata Agung Setiawan, Pemilik toko ban Makmur Cemerlang di Taman Kota No 36, Jakarta Barat, Selasa (17/1/2023).

Jika ditarik garis lurus dari tanda segitiga di sisi ban ke arah ulir ban, akan terlihat semacam benjolan kecil di atasnya

Jika benjolan kecil tersebut sudah rata, tandanya ban motor sudah aus dan harus segera dilakukan pergantian demi keamanan dan kenyamanan berkendara.

Perlu diingat, tanda segitiga TWI ini sebaiknya rudin dilakukan pengecekan minimal dua minggu sekali ya, atau bisa juga dilakukan saat pengecekan tekanan angin ban.

Jadi, salah besar jika kamu mengganti ban menunggu sampai kembangnya sudah gundul atau diganti karena dirasa sudah licin.

Mulai sekarang pastikan kondisi ban belum mencapai titik TWI (segitiga), Karena itulah batasan aman pemakaian ban.

Baca Juga: Ada yang Sadar Gak, Kok Ban Motor Sekarang Jarang Punya Garis Tengah? 

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa