Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

E-TLE Drone Mulai Dilirik Korlantas Polri Nih, Bisa Patroli 3 Jam Nonstop Sambil Terbang

Ruditya Yogi Wardana - Selasa, 17 Januari 2023 | 10:19 WIB
Ilustrasi. Korlantas Polri juga ikut melitik tekonologi ETLE drone untuk diterapkan pada masa mendatang.
Tribunjateng.com/Hanes Walda Mufti
Ilustrasi. Korlantas Polri juga ikut melitik tekonologi ETLE drone untuk diterapkan pada masa mendatang.

GridOto.com - Korlantas Polri tampaknya ingin terus meningkatkan efektivitas penerapan Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) atau tilang elektronik pada masa mendatang.

Caranya dengan menggunakan teknologi pesawat tanpa awak alias drone yang membawa kamera E-TLE, untuk pengawasan arus lalu lintas serta penegakkan hukum via udara.

Hanya saja, rencana peningkatan E-TLE tadi masih dalam tahap pengkajian dan pengujian lebih lanjut oleh tim Korlantas Polri.

"Kami harus lihat rencana kami akan membuat satu pendukung baru untuk patroli kami, pengawasan arus lalu lintas dengan menggunakan pesawat tanpa awak," ujar Dirgakkum Korlantas Polri, Brigjen Pol Aan Suhanan, dikutip dari Korlantas.polri.go.id, Senin (16/01/2023).

Ia mencontohkan ketika terjadi kemacetan, pesawat tanpa awak atau drone yang dikerahkan nantinya bisa melakukan patroli dari ujung hingga ujung kemacetan.

Data yang didapatkan lewat kamera di kamera drone tadi dikirimkan ke command center, untuk nantinya diputuskan langkah yang tepat untuk mengurangi kemacetan.

Tentunya teknologi tersebut bisa mempermudah petugas dalam melakukan survey dan monitoring ruas jalan, yang tidak memungkinkan dilakukan lewat jalur darat.

Untuk ke depannya, teknologi drone jelas bakal dikembangkan guna membantu penegakkan hukum lewat E-TLE.

"Kami akan kembangkan dengan menerapkan E-TLE drove, nantinya dengan kamera yang sesuai dengan spesifikasi maka pelat nomor pelanggar bisa difoto beserta dengan kecepatannya di jalan," imbuh Aan.

Baca Juga: Satlantas Polres Sukoharjo Kembali Gunakan Tilang Manual, Ini Sasarannya

Perlu diketahui pesawat tanpa awak berbasis drone memang bisa digunakan untuk melakukan surbey dan monitoring via udara dengan mudah.

Dilengkapi dengan baterai yang tahan selama 3 jam, ditambah kamera dengan zoom 40-80 kali jelas bisa membantu petugas untuk memotret pelanggaran lalu lintas yang tak terlihat menggunakan kamera E-TLE statis.

Menariknya lagi, drone untuk E-TLE tersebut dirancang semudah mungkin tapi tetap mengutamakan keselataman.

Mengingat ada parasut sebagai salah satu kelengkapannya, dan fitur otomatis kembali ke lokasi take off jika sinyal serta baterainya melemah.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa