Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Masalah CVT Gredek Honda Vario 150 Old Bukan Cuma Debu, Ini Solusi dan Anjuran Perawatan Rutinnya

Harun Rasyid - Selasa, 10 Januari 2023 | 20:30 WIB
Ilustrasi Honda Vario 150 generasi pertama punya masalah gredek di bagian CVT, ini anjuran perawatannya.
IST
Ilustrasi Honda Vario 150 generasi pertama punya masalah gredek di bagian CVT, ini anjuran perawatannya.

GridOto.com - Honda Vario 150 lansiran 2015-2018 disebut memiliki masalah Continouosly Variable Transmission (CVT) gredek, apabila tidak dirawat secara rutin.

Menurut Kepala Mekanik dari bengkel Mahendra Motosport (MMS), Dede Rohman, masalah gredek di CVT Honda Vario 150 terbilang parah jika tidak segera ditangani di bengkel.

"Masalah Honda Vario 150 lama ini suka gredek di bagian CVT. Gredeknya bisa parah kalau jarang diservis, malah bisa bikin bodi rusak akibat bodinya bergetar," ujar Dede kepada GridOto.com, Sabtu (7/1/2023).

Lanjut menurut Dede, masalah gredek di CVT Honda Vario 150 bukan cuma disebabkan faktor kotoran yang menumpuk di komponen tersebut.

Sebab kampas ganda orisinal dari skuter matik (Skutik) bergaya sporty ini terbilang keras.

"Penyebabnya pertama karena debu menumpuk dan bahan kampas ganda bawaannya yang keras. Kalau Vario 160 bahan kampas gandanya sudah agak empuk, makanya tidak rawan gredek meskipun mangkuk CVT-nya tidak dilubangi," jelasnya.

Adapun untuk solusinya, CVT Honda Vario 150 generasi pertama ini disarankan rutin dibersihkan setiap 3.000 kilometer (km) atau dua bulan sekali.

Ilustrasi CVT Honda Vario 150
Isal/GridOto.com
Ilustrasi CVT Honda Vario 150

Dede menyebut, hal ini juga berlaku untuk unit yang mangkuk CVT-nya sudah dimodifikasi dengan cara diberi lubang tambahan.

"Mangkuk CVT yang sudah dibolongin bisa tetap gredek juga, biasanya timbul pada pemakaian 4 ribu sampai 5 ribu km. Sebab gredek itu timbul karena kampas ganda hingga part lain semisal roller atau vanbelt, yang sudah waktunya diganti," ungkapnya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa