Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Seken Keren - Honda Vario 150 Old Ngelitik di RPM Atas, Ini Akar Masalah dan Solusinya

Wisnu Andebar - Minggu, 8 Januari 2023 | 18:56 WIB
Sebelum beli Honda Vario 150 old, pahami masalahnya sob
Reyhan Firdaus / Motorplus-online
Sebelum beli Honda Vario 150 old, pahami masalahnya sob

GridOto.com - Honda Vario 150 generasi pertama disebut memiliki masalah pada bagian mesin, khususnya di sektor kepala silinder.

Menurut Dede Rohman, Kepala Mekanik bengkel Mahendra Motosport (MMS) di Bekasi, Jawa Barat, dirinya kerap menangani pelatuk klep Vario 150 yang bermasalah.

"Ciri-ciri pelatuk klep yang aus biasanya ditandai mesin berisik saat ditarik pada RPM atas seperti ada suara ngelitik, tapi kalau mesin idle justru malah normal halus," ujar Dede saat GridOto.com temui, Sabtu (7/1/2022).

Ia menjelaskan, ada beberapa faktor yang menyebabkan pelatuk klep Honda Vario series khususnya Vario 150 old mengalami keausan.

"Penyebabnya selain telat ganti oli, bisa juga faktor usia. Biasanya di atas 30 ribu km itu sudah sering terjadi kendala semacam itu," paparnya.

Masih menurut Dede, untuk memperbaiki komponen yang rusak tersebut satu-satunya cara adalah dengan menggantinya.

"Solusinya ganti pelatuk klep saja, yang ori sepaket dua buah sekitar Rp 300 ribuan. Sedangkan jasanya Rp 150 ribu," pungkasnya.

Sekadar informasi, Honda Vario 150 generasi pertama diluncurkan bersamaan dengan Vario 125 generasi kedua oleh PT Astra Honda Motor (AHM) pada 14 Januari 2015.

Skutik yang dikenal dengan sebutan Vario 150 LED old ini dibekali mesin SOHC 149 cc eSP dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI serta pendingin cairan.

Baca Juga: Seken Keren - Honda Vario 150 Old Tiba-tiba Enggak Bisa Starter, Penyebabnya Bukan Aki Soak

Mesin tersebut diklaim mampu menyemburkan tenaga 12,5 dk pada 8.500 rpm dan torsi 12,8 Nm pada 5.000 rpm

Adapun berdasarkan pantauan GridOto.com ke beberapa pedagang motor bekas di sekitaran Jakarta dan situs jual beli kendaraan, Vario 150 generasi pertama bisa didapatkan dengan banderol mulai Rp 13,5 juta sampai Rp 18,5 juta tergantung tahun dan kondisi motor.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa