Seken Keren - Honda Vario 150 Old Tiba-tiba Enggak Bisa Starter, Penyebabnya Bukan Aki Soak

Wisnu Andebar - Minggu, 8 Januari 2023 | 18:15 WIB

Honda Vario 150 old disebut kerap mengalami masalah di sektor soket starter (Wisnu Andebar - )

GridOto.com - Honda Vario 150 generasi pertama lansiran 2015 sampai 2018 terpilih sebagai skutik yang dibahas dalam rubrik seken keren GridOto.com minggu ini.

Buat sobat yang berminat, harga Honda Vario 150 generasi pertama sudah mulai terjangkau yakni mulai Rp 13,5 juta sampai Rp 18,5 juta tergantung tahun dan kondisi motor.

Namun sebelum sobat memboyong Honda Vario 150 generasi pertama, perlu mewaspadai masalah yang kerap timbul agar memahami solusinya.

Menurut Dede Rohman, Kepala Mekanik bengkel Mahendra Motosport (MMS) di Bekasi, Jawa Barat, Honda Vario series termasuk Vario 150 pertama, biasanya memiliki masalah di sektor kelistrikan.

"Tepatnya di bagian soket starter yang ke ECU itu gampang terbakar menyebabkan motor tidak bisa starter, parahnya motor mogok mendadak saat sedang berjalan," ujar Dede saat GridOto.com temui, Sabtu (7/1/2023).

Ia menjelaskan, penyebab soket starter terbakar ini umumnya karena faktor usia, dengan pemakaian di atas 20 ribu km.

"Dari yang saya tangani selama ini kondisi motor masih dalam keadaan standar pabrik, alias belum ada sentuhan modifikasi di area kelistrikan," ujar Pria yang akrab disapa Roy ini.

Ia mengungkapkan, ada beberapa cara yang diterapkan untuk memperbaiki soket starter Honda Vario 150 yang terbakar.

"Solusinya karena soket terbakar, bisa diganti soketnya saja seharga Rp 60 ribu sudah termasuk pasang. Jadi enggak perlu ganti kabel body yang harganya bisa Rp 1 jutaan," paparnya.

Baca Juga: Seken Keren - Honda Vario 150 LED Old, Pionir Skutik Sporty 150 cc yang Harga Bekasnya Mulai Rp 15 Jutaan

"Kalau lagi darurat bisa dibersihkan saja, karena bagian kuningan soket kan enggak meleleh saat terbakar, jadi dirapatkan lagi itu bisa. Pengerjaan cepat, kurang lebih 30 menit," pungkasnya.

Sekadar informasi, Honda Vario 150 generasi pertama diluncurkan bersamaan dengan Vario 125 generasi kedua oleh PT Astra Honda Motor (AHM) pada 14 Januari 2015.

Skutik yang dikenal dengan sebutan Vario 150 LED old ini dibekali mesin SOHC 149 cc eSP dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI serta pendingin cairan.

Mesin tersebut diklaim mampu menyemburkan tenaga 12,5 dk pada 8.500 rpm dan torsi 12,8 Nm pada 5.000 rpm