Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pemesanan Toyota Kijang Innova Zenix Nyaris 10 Ribu Unit, Tapi Baru Segini yang Sampai ke Konsumen

Wisnu Andebar - Sabtu, 7 Januari 2023 | 11:10 WIB
Penjualan Kijang Innova Zenix capai ribuan unit
GridOto/Muhammad Rizqi Pradana
Penjualan Kijang Innova Zenix capai ribuan unit

GridOto.com - Toyota Kijang Innova Zenix diklaim mendapatkan sambutan positif sejak resmi meluncur di Indonesia pada 21 November 2022 lalu.

Menurut Direktur Pemasaran TAM, Anton Jimmi Suwandy, Kijang Innova Zenix telah mendapatkan ribuan pemesanan hingga saat ini.

"Untuk periode 21 November 2022 sampai Desember 2022, Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) Innova Zenix mencapai 9.937 unit," ujar Anton kepada GridOto.com, Jumat (6/1/2023).

Dari jumlah SPK tersebut, varian hybrid diklaim menjadi kontributor terbesar penjualan Kijang Innova Zenix.

Seperti diketahui, Kijang Innova Zenix yang dijual di pasar otomotif Tanah Air, hadir dalam dua pilihan mesin yakni bensin dan hybrid.

"Untuk tipe hybrid sendiri totalnya sudah 7.041 SPK atau berkontribusi 75 persen," terang Anton.

Adapun dari jumlah pemesanan tersebut, bisa dibilang baru setengahnya yang sampai ke tangan konsumen.

"Retail sales (penjualan dari dealer ke konsumen) sudah 4.144 unit, sedangkan wholesales (penjualan dari pabrik ke dealer) 6.028 unit," paparnya.

Sekadar informasi, Toyota Kijang Innova Zenix hadir dengan pilihan mesin bensin berkode M20A-FKS Dynamic Force Engine dengan kapasitas 1.987 cc, empat silinder, Dual VVT-i.

Baca Juga: Toyota Kijang Innova Zenix NIK 2022 Ternyata Masih Tersedia di Dealer, Diobral Pakai Diskon?

Mesin dengan platform TNGA tersebut diklaim sanggup memuntahkan tenaga hingga 172 dk di 6.600 rpm dan torsi 205 Nm pada 4.500-4.900 rpm.

Selanjutnya untuk varian hybrid disematkan mesin berkode M20A-FXS berkapasitas 1.987 cc empat silinder Dual VVT-i, dengan tenaga 150 dk di 6.000 rpm dan torsi 187 Nm pada 4.400-5.200 rpm.

Mesin tersebut dipadukan dengan motor listrik berdaya 111 dk dan torsi 206 Nm, sehingga menghasilkan tenaga gabungan sebesar 183 dk pada sistem.

Tenaga yang dihasilkan kemudian disalurkan ke roda depan melalui transmisi direct shift CVT (Continous Variable Transmission) 10 percepatan, yang diklaim lebih efisien dan senyap ketika beroperasi.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa