Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jokowi Resmikan Tol Pekanbaru-Bangkinang Sepanjang 30 Km, Bisa Pangkas Waktu Tempuh Hingga 30 Menit

Muslimin Trisyuliono - Rabu, 4 Januari 2023 | 20:10 WIB
Peresmian Jalan Tol Pekanbaru-Padang Seksi Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 30,9 km
Dok. Kementerian PUPR
Peresmian Jalan Tol Pekanbaru-Padang Seksi Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 30,9 km

GridOto.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengawali 2023 ini dengan meresmikan Jalan Tol Pekanbaru-Padang Seksi Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 30,9 km, pada Rabu (4/1).

Peresmian jalan tol ditandai dengan penekanan tombol sirene dan penandatanganan prasasti yang didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono.

Adapun Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang nantinya akan tersambung dengan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai yang sudah lebih dulu beroperasi.

"Nanti akan disambungkan dengan Lingkar Pekanbaru, sehingga Dumai-Pekanbaru-Bangkinang akan tersambung hingga ke arah Padang," ujar Jokowi dalam keterangan tertulisnya, Rabu (4/1/2023).

Jokowi pun berharap, diresmikannya Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang dapat mempersingkat waktu tempuh masyarakat dan logistik di kedua wilayah tersebut.

"Dulu Pekanbaru-Bangkinang 1,5 sampai 2 jam, tadi saya coba sendiri 23 menit. Artinya ada kecepatan, kalau ada kecepatan mobilitas tinggi, daya saing akan lebih meningkat," tambahnya.

Presiden Joko Widodo resmikan Jalan Tol Pekanbaru-Padang Seksi Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 30,9 km

Hal senada juga diungkapkan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, menurutnya kehadiran jalan tol dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri.

"Pada ruas tol Pekanbaru-Padang, sekarang sudah bisa selesai Pekanbaru-Bangkinang, dan akan dilanjutkan sampai Pangkalan yang akan selesai pada 2024," ujar Basuki.

Baca Juga: Akses Tol Pekanbaru-Bangkinang Bakal Ditutup Sementara, Hutama Karya Sarankan Lewat Jalan Arteri

Dikesempatan yang sama, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit, mengatakan dengan tersambungnya ruas Tol Pekanbaru hingga Pangkalan diharapkan dapat menjadi tulang punggung Trans Sumatera.

"Harapan kita kalau Tol Bangkinang-Pangkalan juga selesai dari 3 jam Pekanbaru menuju Muara Takus bisa kita pangkas menjadi 1 sampai 1,5 jam saja," ucap Danang.

Sementara untuk pembangunan Ruas Tol Pekanbaru-Bangkinang ini dilaksanakan dengan nilai investasi Rp 4,8 Triliun.

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa