Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Aturan Baru Soal Floor Diterapkan di Musim 2023, Mobil F1 Bakalan Setengah Detik Lebih Lambat

Rezki Alif Pambudi - Rabu, 4 Januari 2023 | 17:00 WIB
Ada beberapa aturan soal floor di F1 2023
Formula1.com
Ada beberapa aturan soal floor di F1 2023

GridOto.com - Federation Internationale de l'Automobile (FIA) resmi menerapkan beberapa aturan baru soal penggunaan floor mobil F1 di kompetisi musim 2023.

Sebagaimana diketahui, debut mobil dengan konsep ground effect-nya di F1 2022 lalu telah membuat perubahan besar di kejuaraan.

Sayangnya ada beberapa perubahan yang sifatnya negatif, salah satunya adalah efek lumba-lumba alias porpoising yang dikeluhkan banyak orang di F1 2022 lalu.

Mobil akan mengalami gerak osilasi layaknya lumba-lumba yang berenang ketika dipakai melaju kencang, dan ada dampak teknis serta fisik karena permasalahan ini.

Untuk itu FIA langsung menerapkan penyelesaian jangka pendek, salah satunya dengan Aerodynamic Oscillation Metric (AOM) yang berfungsi mengukur gerakan osilasi mobil agar tidak berlebihan.

Dan untuk jangka panjangnya adalah penerapan beberapa aturan lebih mengikat di F1 2023, agar keluhan serupa tak terjadi lagi.

Salah satunya saja dengan menaikkan ground clearance ujung floor sebesar 15 mm, agar tiap tim tidak memaksakan mobil mereka melaju terlalu menempel pada aspal.

Perubahan-perubahan ini diharapkan bisa mengatasi masalah porpoising ke depannya, meskipun masih butuh waktu lebih lagi untuk penyempurnaan.

"Aku tak ragu kami sudah melakukan hal benar. Kami mencoba pragmatis, ada solusi jangka pendek dan panjang. Mungkin takkan menghilangkan porpoising secara komplet, tapi paling tidak sudah ke arah situ," kata Nikolas Tombazis selaku Single Seater Technical Director FIA, dilansir GridOto.com dari Autosport.

Baca Juga: Formula 1 Dibikin Pusing, Setelah Batal China Ingin Kembali Masuk Kalender Balap F1 2023

Editor : Eka Budhiansyah
Sumber : autosport.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa