Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Fungsi Fog Lamp di Mobil Bukan Cuma Saat Jalan Berkabut, Pakar Safety Kasih Anjuran Pemakaian

Harun Rasyid - Selasa, 3 Januari 2023 | 19:35 WIB
Ilustrasi menyalakan Fog lamp dapat memberikan penerangan tambahan saat pengemudi melalui jalan dengan visibilitas terbatas
Rianto Prasetyo/GridOto.com
Ilustrasi menyalakan Fog lamp dapat memberikan penerangan tambahan saat pengemudi melalui jalan dengan visibilitas terbatas

GridOto.com - Tidak hanya berfungsi untuk membantu penerangan saat jalan berkabut, pakar safety kasih tahu waktu yang tepat buat pemakaian fog lamp di mobil. 

Fog lamp atau lampu kabut merupakan salah satu fitur keselamatan yang ada di mobil, dengan fungsi untuk membantu penerangan pengemudi saat kondisi jalan berkabut.

Namun, fungsi fog lamp di mobil tidak hanya digunakan ketika jalan berkabut saja sob.

Menurut Training Director dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, fog lamp juga dapat digunakan ketika visibilitas sedang terganggu semisal saat hujan lebat.

"Dulu fog lamp biasanya berwarna kuning, sekarang sudah jarang diaplikasikan di Indonesia. Mungkin karena faktor geografis yang jarang ada kabut," ujar Sony saat dihubungi GridOto.com, Senin (2/1/2023).

"Jadi sekarang lebih ke jarak pandang ketika hujan lebat, saat senja dan lainnya," imbuhnya.

Lanjut menurut Sony, fog lamp di mobil juga dapat digunakan ketika jarak pandang menurun dan dibutuhkan kewaspadaan yang tinggi selama perjalanan.

"Prinsipnya lampu kabut bisa dinyalakan ketika dibutuhkan. Tidak hanya kabut, tapi hujan lebat juga bisa selama itu bisa menembus jarak pandang minimal 50 meter maka hidupkan, atau aktifkan lampu lain selain lampu kabut," ungkap Sony.

Di samping penggunaan lampu kabut, pengemudi juga perlu memperhatikan tingkat kecepatan kendaraan saat berkendara.

Sebab kecepatan kendaraan akan sangat memengaruhi pengelihatan si pengemudi.

Baca Juga: Anti Berkabut, Ini Cara Mudah Merawat Lampu Kabut Alias Fog Lamp

"Yang perlu diperhatikan oleh pengendara adalah bukan hanya kemampuan lampu menembus kabut saja, tapi menyesuaikan kecepatan kendaraan terhadap kondisinya," kata Sony.

"Mungkin lampu kabut kendaraannya bisa menembus 30 sampai 50 meter ke depan, tetapi kendaraan lain belum tentu. Jadi jangan hanya berpikir tidak menabrak, tapi pikirkan tidak ditabrak," lanjutnya.

Sony menambahkan, pengemudi disarankan tidak memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi ketika menghadapi cuaca ekstrem, seperti kabut atau hujan deras.

Fog lamp mobil
GridOto.com

Alasannya tentu karena faktor keselamatan pengemudi dan pengguna jalan lainnya.

"Semisal di jalan tol, kecepatan ideal sebenarnya tergantung kondisi lebat atau tidaknya hujan. Jika cuaca ekstrem sebaiknya 30 sampai 40 kilometer per jam," tutup Sony.

Sekadar informasi, fog lamp umumnya terdiri dari dua jenis yaitu front fog lamp yang berada di depan dan rear fog lamp yang ditempatkan di bagian belakang mobil.

Fog lamp biasanya dipasang di bumper depan bagian bawah sisi kanan dan kiri, sedangkan rear fog lamp terpasang menyatu dengan lampu belakang mobil yang memancarkan warna merah terang.

Adapun waktu yang tepat untuk mengaktifkan fog lamp di mobil, sebaiknya tidak ketika cuaca sedang cerah dengan jarak pandang yang masih terbilang baik.

Hal tersebut dapat menyilaukan pengemudi lain di jalan, sehingga akan mengganggu hingga mengancam keselamatan berkendara.

Baca Juga: Street Manners: Pakailah Rear Fog Lamp Pada Waktu Yang Tepat!

 

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa