Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Libur Akhir Tahun Geber Mitsubishi Xpander Jakarta-Semarang, Begini Rasanya

Wisnu Andebar - Selasa, 3 Januari 2023 | 16:30 WIB
Libur akhir tahun geber Mitsubishi Xpander ke Semarang, Jawa Tengah
GridOto.com
Libur akhir tahun geber Mitsubishi Xpander ke Semarang, Jawa Tengah

GridOto.com - Dalam momen libur akhir tahun, GridOto.com berkesempatan untuk menjajal Mitsubishi Xpander tipe Ultimate yang merupakan tipe tertinggi.

Dalam perjalanan ini, Mitsubishi Xpander secara total membawa lima orang penumpang, terdiri dari tiga dewasa dan dua anak.

Alhasil, baris kursi belakang yang tidak terpakai bisa dilipat, dan mendapatkan ruang bagasi yang cukup lega untuk membawa banyak barang.

Singkat cerita, sepanjang perjalanan dari Jakarta menuju Tol Cikampek kondisi lalu lintas terbilang lancar tanpa ada kendala apapun.

Bahkan kami cukup sering mengaktifkan fitur Cruise Control Mitsubishi Xpander Ultimate yang kami kendarai.

Lumayan, jadi enggak perlu menekan pedal gas terus menerus, Sob! Tapi harus tetap fokus ya, sesuaikan kontrol kecepatan dan sebaiknya diaktifkan di trek yang lurus dan lengang.

Selepas Tol Jakarta Cikampek, memasuki Tol Cipali kami sedikit terhambat dengan adanya kondisi lalu lintas yang cukup padat.

Kami pun mencoba mengaktifkan fitur Brake Auto Hold (BAH), yang mana saat fitur ini diaktifkan mobil akan tetap berhenti meski pedal rem dilepas dengan posisi tuas transmisi di posisi D.

Lalu sistem ini akan otomatis melepas rem ketika pengemudi kembali menginjak pedal gas dan mobil akan langsung bisa melaju kembali.

Baca Juga: Harus Rogoh Kantong Lebih Dalam, Harga Mitsubishi Xpander Naik Segini Per Januari 2023

Mengatasi kebosanan di perjalanan, fitur audio bisa terkoneksi dengan handphone untuk navigasi dan entertainment.

Pilihan aplikasi hiburan ditampilkan melalui layar head unit TFT baru berukuran 8 inci yang sudah mengantongi teknologi touch screen.

Kemudahan pengoperasiannya pun dapat dilakukan melalui tombol kontrol dari lingkar kemudi, ditambah lagi di baris tengah, ada fitur USB Port type C untuk charging handphone.

Melanjutkan perjalanan tol Trans Jawa, kami memutuskan untuk rehat sejenak dan keluar di exit Tol Brebes.

Ingat ya Sob, jangan memaksakan diri untuk tetap berkendara, mengatur ritme istirahat akan menjaga keselamatan perjalanan, sekaligus memberi kesempatan untuk mengecek kondisi kendaraan sebelum melanjutkan perjalanan kembali.

Kami sengaja keluar tol dan tidak memilih beristirahat di Rest Area, karena kami ingin menikmati kembali kenangan sajian khas lokal yang dulu sering menjadi persinggahan kala perjalanan, jauh sebelum terbangun Tol Trans Jawa.

Daftar menu di Warung Sate Tirus Putra, Tegal
GridOto.com
Daftar menu di Warung Sate Tirus Putra, Tegal


Kami menuju ke arah kota Tegal, dan singgah di sebuah warung makan legendaris Warung Sate kambing Muda Tirus Putra Pak H. Tasripin di sekitar Jalan Jendral Sudibyo, Tegal.

Sajian lokal cita rasa kambing muda dengan rasa yang cukup memuaskan selera, bikin mata kembali segar. Dijamin mantab, Sob!

Selepas rehat, kami mengecek sejenak kondisi kendaraan, terutama ban. Setelah memastikan kelayakan, kami melanjutkan perjalanan. Sebelum masuk kembali ke Tol Trans Jawa, kami mengisi bahan bakar di SPBU Pertamina terdekat.

Setelah sekitar delapan jam perjalanan dan jarak tempuh lebih dari 400 km, kami tiba di kota tujuan, Semarang.

Kontur jalan di dalam kota Semarang yang diwarnai tanjakan dan turunan yang khas turut menguji fitur Hill Start Assist (HSA) yang dimiliki Mitsubishi Xpander Ultimate.

Fitur ini mencegah kendaraan mundur ke belakang saat melepas rem, membantu pengemudi dalam kondisi stop and go di tanjakan.

Terlebih Mitsubishi Xpander dibekali mesin 1.499 cc 4 silinder MIVEC, sanggup menghasilkan tenaga 105 dk pada 6.000 rpm dan torsi 141 Nm pada 4.000 rpm.

Ternyata cukup mumpuni untuk melibas segala medan jalan dengan kondisi beban angkut yang kami bawa.

Selain itu, Mitsubishi Xpander juga memberikan visibilitas berkendara lebih baik, mudah untuk dikendalikan, manuver bantingan setir ringan, suspensi empuk dan stabil.

Hal itu berkat Reinforced Impact Safety Evolution (RISE) Body, merupakan teknologi rangka bodi yang dirancang khusus agar bodi mobil menjadi rigid dan lebih stabil.

Sebelum sampai di tempat peristirahatan, kami memutuskan untuk bersantap sore. Titik tujuan kami adalah salah satu kuliner khas kota Semarang, Warung Kepala Manyung Bu Fat, di Jalan Ariloka, Semarang.

Masih banyak lagi tujuan destinasi dan ragam fitur dari Mitsubishi Xpander Ultimate yang belum diulas. Penasaran? Simak dalam ulasan perjalanan selanjutnya, menuju destinasi lain yang tak kalah menarik di sekitar Salatiga dan Yogyakarta.

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa