Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Waspada Cuaca Ekstrem, Begini Cara Pilih Jas Hujan yang Aman Buat Motoran

Wisnu Andebar - Rabu, 28 Desember 2022 | 08:32 WIB
Ilustrasi berkendara memakai jas hujan
Kompas.com
Ilustrasi berkendara memakai jas hujan

GridOto.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberi peringatan adanya potensi cuaca ekstrem di wilayah Jabodetabek pada akhir Desember 2022 hingga awal 2023.

Untuk itu, masyarakat perlu mewaspadai adanya hujan sangat lebat disertai angin kencang, terlebih ketika sedang berkendara.

Bagi pengendara motor, selain mengutamakan keselamatan dengan mematuhi rambu lalu lintas, juga wajib memiliki perlengkapan berkendara seperti jas hujan.

Dalam memilih jas hujan sebaiknya jangan sembarangan dan harus memerhatikan jenis serta bahan yang digunakan.

Menurut Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), ketika hendak membeli jas hujan, sebaiknya hindari model ponco karena dapat membahayakan keselamatan.

"Dengan desainnya yang seperti jubah, bagian bawah jas hujan ponco dapat tersangkut di roda ataupun gir rantai motor," kata Hariadi dalam keterangan resminya belum lama ini.

Di samping itu, jas hujan model ponco disebut tidak efektif melindungi dari air hujan karena modelnya yang mudah berkibar.

Hariadi menyarankan, dalam pemilihan jas hujan sebaiknya pilih model setelan terdiri dari baju dan celana, yang sesuai dengan ukuran tubuh.

Pasalnya, jika jas hujan terlalu besar akan menumpuk atau terlipat di beberapa bagian dan parahnya dapat tersangkut di roda maupun gir rantai.

Baca Juga: Prediksi BMKG Bukan Badai Hujan, Pengendara Tetap Tenang Namun Waspada

"Sedangkan jas hujan yang terlalu kecil dapat membuat ruang gerak menjadi terbatas dan tidak maksimal menutupi pakaian dan tubuh dari terpaan air hujan," terangnya.

Lebih lanjut, dari sisi bahan jas hujan Hariadi tidak menyarankan penggunaan bahan parasut lantaran dapat membuat gerah.

Sedangkan jas hujan dari bahan plastik tentu tidak awet karena mudah sobek.

"Bahan jas hujan yang disarankan adalah coating glossy atau polyvinyl chloride (PVC) yang tebal dan kedap," terang Hariadi.

Ia menambahkan, sebaiknya pilih warna jas hujan yang terang atau mencolok agar terlihat pengendara lain terutama di malam hari.

"Misalnya hijau, kuning, oranye, atau merah menyala, lebih baik lagi jika memilih jas hujan yang dilengkapi dengan scotchlite atau reflector," pungkasnya.

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa