Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Hati-hati Lewat Jalan Tol Semarang-Solo Saat Libur Nataru, Titik Ini Rawan Kecelakaan Lo!

Ruditya Yogi Wardana - Sabtu, 24 Desember 2022 | 14:40 WIB
Salah satu kecelakaan yang terjadi di Jalan Tol Semarang-Solo, tepatnya di KM485.
Tribunjateng.com
Salah satu kecelakaan yang terjadi di Jalan Tol Semarang-Solo, tepatnya di KM485.

GridOto.com - Selalu berhati-hati dan waspada saat perjalanan mudik Natal dan Tahun Baru 2023 (Nataru), khususnya bagi yang melintas di Jalan Tol Semarang-Solo, Jawa Tengah.

Mengingat Tol Semarang-Solo ini punya titik yang bisa dibilang rawan terjadi kecelakaan, yakni di sepanjang Km 480 hingga Km 490.

Terlebih Km 480 hingga Km 49 dikatakan 'jalan tangung', karena tidak jauh dari titik ini ada beberapa gerbang tol (GT) untuk keluar dari Tol Semarang-Solo.

Sebut saja GT Colomadu, GT Bandara dan GT Ngemplak yang membuat pengemudi jadi memaksakan diri hingga kelelahan, karena beranggapan sebentar lagi bakal tiba di rumah.

Hal itu juga dibenarkan Kasatlantas Boyolali, AKP M. Herdi Pratama, dengan menyebut kalau sepanjang titik tersebut memang dianggap sebagai titik lelah pengemudi.

Apabila memaksakan berkendara saat kondisi lelah, bahaya microsleep pun mengintai yang dapat mengakibatkan kecelakaan di jalan tol.

"Jadi pemudik dari Klaten atau Wonogiri merasa tanggung kalau mau istirahat, mereka beranggapan sebentar lagi bakal keluar tol dan bisa sampai rumah," sebut Herdi, dikutip dari Tribunsolo.com, Rabu (21/12/2022).

Meski begitu, ia tetap menyarankan agar pengemudi tidak memaksakan dirinya ketika melewati titik Km 480 hingga Km 490 Tol Semarang-Solo.

Jika dirasa kondisi tubuh sudah mulai lelah berkendara, sebaiknya istirahat dulu di rest area terdekat.

Baca Juga: Satlantas Polres Boyolali Bocorkan Lokasi Jalur Tengkorak Tol Semarang-Solo, Ada Dua Titik

Walaupun cuma beberapa menit, hal itu sangat bermanfaat guna mengembalikan kesadaran dan terhindar dari bahaya microsleep.

"Daripada terjadi hal-hal yang tak diinginkan, maka sebaiknya istirahat di rest area KM487," pungkas Herdi.

Artikel ini telah tayang di TribunSolo.com dengan judul Libur Nataru Mudik ke Solo? Awas Jalur Tengkorak KM 480-490 Tol Semarang-Solo, Lelah Istirahatlah.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa