Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

TAF Masih Pelajari Harga Jual Kembali Mobil Listrik di Indonesia, Baterai Jadi Salah Satu Pertimbangannya

Harun Rasyid - Selasa, 13 Desember 2022 | 19:40 WIB
Ilustrasi pembiayaan mobil Listrik Toyota bZ4X
Radityo Herdianto / GridOto.com
Ilustrasi pembiayaan mobil Listrik Toyota bZ4X

GridOto.com - Lembaga pembiayaan PT Toyota Astra Financial Services (TAF) siap melayani permintaan kredit mobil listrik dari para konsumennya.

Namun Agus Prayitno, selaku President Director TAF mengatakan, pihaknya masih mencari tahu resale value atau nilai jual kembali mobil listrik setelah masa pemakaian beberapa tahun.

"Kami sudah siap melayani pembiayaan mobil listrik karena Toyota sudah memiliki bZ4X dan Lexus juga sudah ada UX 300e. Hanya saja penyesuaiannya masih ada di resale value, hal ini yang masih kami pelajari," ujar Agus kepada media, Senin (12/12/2022).

Meski begitu, ia menyebut harga jual kembali electric vehicle (EV) dari Toyota dan Lexus akan terbilang baik di masa mendatang.

"Walaupun resale value-nya masih kami pelajari, kami yakin dengan nama besar Toyota dan Lexus akan membuat resale value mobil listrik ini akan bagus," kata Agus.

Salah satu alasannya yaitu, PT Toyota Astra Motor (TAM) memberi garansi baterai pada Toyota bZ4X hingga delapan tahun atau 160.000 kilometer.

Hal tersebut kata Agus, akan cukup mendukung pembiayaan mobil listrik Toyota dan Lexus di Tanah Air.

"Garansi baterai delapan tahun, sementara tenor kami biasanya tiga sampai empat tahun. Jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan risikonya. Namun kami belum ada data soal berapa resale value mobil listrik setelah empat tahun nanti," ungkapnya.

Seperti kita ketahui, baterai menjadi salah satu komponen utama pada kendaraan listrik berbasis baterai yang tampaknya akan sangat mempengaruhi harga jual kembali mobil listrik.

Baca Juga: TAF Yakin Permintaan Kredit Toyota Kijang Innova Zenix Bakalan Moncer, Konsumen Jarang yang Nunggak?

Lebih lanjut Agus menilai, mobil listrik saat ini memiliki permintaan dan tren yang terbilang besar.

Karena itu TAF akan terus mendukung pembiayaan mobil listrik dari brand yang berada di bawah naungan Astra Group.

"Mobil listrik dari sisi permintaan dan trennya terbilang besar, namun dari sisi volume penjualan masih kecil karena produksinya masih terbatas. Tapi intinya kami siap melayani pembiayaannya, bahkan kami sudah menyiapkan green financing dengan sumber pembiayaan yang 'hijau' juga," tutup Agus.

Mobil listrik Lexus UX 300e
Aries Aditya
Mobil listrik Lexus UX 300e

Sekadar informasi, green financing adalah skema pembiayaan ramah lingkungan karena turut memperhatikan keseimbangan ekonomi dan lingkungan yang berkelanjutan.

Sementara TAF merupakan perusahaan pembiayaan mobil Toyota, Daihatsu, Lexus serta pembiayaan multiguna yang berdiri sejak 2005 dan telah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Mau coba mobil/motor keluaran terbaru? Daftar di sini, Sob!

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa