Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Suzuki Optimis Pasar Otomotif Tetap Tumbuh Meski Ramai Isu Resesi 2023, Berikut Alasannya

Muslimin Trisyuliono - Senin, 12 Desember 2022 | 21:45 WIB
Booth Suzuki di GIIAS 2022
SIS
Booth Suzuki di GIIAS 2022

GridOto.com - Pemerintah telah mewanti-wanti masyarkat Indonesia untuk mempersiapkan diri menghadapi kemungkinan resesi di tahun 2023.

Terkait kemungkinan resesi ini, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengaku tetap yakin kinerja pasar otomotif di Tanah Air akan tetap tumbuh di tahun 2023.

Hal tersebut diungkapkan Donny Saputra sebagai 4W Marketing Director PT SIS disela Jambore Suzuki 2022 di Museum Purna Bhakti Pertiwi, Jakarta Timur.

"Memang berita yang berkaitan dengan resesi ini sudah cukup banyak dan apa yang terjadi di tahun 2023 kami melihatnya dari sisi lain, di setiap kesulitan pasti ada kesempatan," ujar Donny kepada wartawan, Sabtu (09/12/2022).

Suzuki optimis penjualan mobil baru tetap bisa tumbuh, lantaran dipengaruhi menjelang masa Pemilihan Umum Presiden Indonesia (Pemilu) pada 2024 mendatang.

Donny mengungkapkan, berdasarkan pengalaman satu tahun sebelum dilakukan pemilu tren penjualan mobil baru cenderung tumbuh.

"Biasanya diangka 7 sampai 9 persen, angka tersebut berdasarkan data 2019 dan 2014 satu tahun sebelum pemilu tren industri otomotif naik," ucap Donny.

Lanjut menurut Donny, ada beberapa faktor yang membuat penjualan mobil baru meningkat satu tahun jelang masa pemilu.

"Pertama percepatan pembelian karena kondisi lebih tidak pasti, kalau dana sudah tersedia dan kesiapan sudah ada kemungkinan akan mempercepat pembelian," ungkapnya.

Baca Juga: Ramai Isu Resesi 2023, Penjualan Mobil Baru Justru Ditargetkan Meningkat

Kemudian satu tahun sebelum masa pemilu, biasanya pabrikan otomotif rata-rata lebih gencar melakukan promosi sehingga terjadi kenaikan penjualan.

Selain itu, Suzuki juga telah menyiapkan beberapa produk baru untuk merangsang pasar otomotif di tahun depan.

"Kalau dilihat produk baru kami cukup siap, ada beberapa yang kami siapkan di 2023 lebih dari dua," pungkasnya.

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa