Electric Mobility (ELMO)

Toyota Sampai Dibuat Terkejut, Mobil Listrik bZ4X Sudah Kantongi Ribuan Pemesanan di Indonesia

Muhammad Ermiel Zulfikar - Jumat, 9 Desember 2022 | 14:25 WIB
Toyota bZ4X kantongi ribuan pemesanan di Indonesia hanya dalam waktu kurang dari satu bulan.
Rianto Prasetyo/GridOto.com
Toyota bZ4X kantongi ribuan pemesanan di Indonesia hanya dalam waktu kurang dari satu bulan.

GridOto.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) benar-benar terkejut dengan respons masyarakat Indonesia terhadap bZ4X, karena penerimaan untuk mobil listrik pertamanya ini melebihi dari apa yang diperkirakan.

Toyota bZ4X pun diklaim TAM ramai diserbu oleh konsumen di Tanah Air, yang mana sudah terkumpul ribuan pemesan hanya dalam waktu kurang dari sebulan setelah peluncuran.

"Hampir satu bulan kami luncurkan, demand (permintaan) Toyota bZ4X itu sudah melebihi 1.300 unit secara total. Memang ini sangat melebihi dari apa yang kami perkirakan," ujar Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran TAM saat berada di acara Toyota Media Gathering, Kamis (8/12/2022).

Tidak hanya di Indonesia, Anton menuturkan jika tingginya permintaan untuk Toyota bZ4X juga terjadi di negara-negara lainnya.

Bahkan, Toyota Motor Corporation (TMC) sampai harus melakukan penyesuaian produksi di Jepang, guna memenuhi permintaan konsumen yang tersebar di berbagai belahan dunia.

Mobil Listrik Toyota bZ4X yang dijual untuk pasar Indonesia, diimpor secara utuh atau CBU dari Jepang.
Radityo Herdianto / GridOto.com
Mobil Listrik Toyota bZ4X yang dijual untuk pasar Indonesia, diimpor secara utuh atau CBU dari Jepang.

"Karena ini produksi dari Jepang dan kami juga sudah sampaikan ke TMC. Memang informasi dari Jepang bahwa kondisi ini bukan hanya di Indonesia, di negara lain seperti Thailand dan Eropa demand juga besar," tutur Anton lagi.

"Tapi pastinya mereka cukup surprise pertama, bahwa ternyata demand di Indonesia tinggi sekali di atas dari dugaan mereka. Sehingga mereka coba menyesuaikan produksi," lanjutnya.

Ketika disinggung mengenai masa tunggu atau inden dari Toyota bZ4X, sayangnya Anton masih enggan berkomentar sampai data penjualannya terkumpul pada akhir bulan nanti.

Mengingat status mobil listrik tersebut diimpor secara utuh atau Completely Build Up (CBU) dari Jepang, sehingga untuk inden harus menyesuaikan dengan alokasi unit yang diterima.

Baca Juga: Pantas Indennya Capai Enam Bulan, Varian Hybrid Dominasi Penjualan Toyota Kijang Innova Zenix

"Kami sedang bicara dengan TMC sampai akhir bulan ini, untuk mendapatkan kira-kira alokasi untuk tahun depan itu kapan," papar Anton.

"Biasanya untuk CBU kami enggak ambil produksi Januari, karena itu kan VIN Code lama ya atau produksi Desember sampai ke Januari. Jadi mungkin unit yang tahun depan akan datang kira-kira pada Februari 2023, untuk jumlahnya kami masih negosiasi," pungkasnya.

Hai Sobi, kamu udah punya kendaraan belum?

Kamu tim yang mana?

Kamu pingin nambah kendaraan baru apa?

Kalo beli kendaraan, utamain beli yang mana dulu?

Kamu lebih milih yang mana?

Kalo ada kesempatan buat ikut test drive/ test ride, mau cobain jenis apa?


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa