Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Penggantian Oli Yamaha NMAX Hingga Aerox 155 Berdasarkan Kilometer, Ini Kata Bengkel Spesialis

Harun Rasyid - Sabtu, 26 November 2022 | 20:35 WIB
Ilustrasi ganti oli mesin motor berapa km?
Isal/GridOto.com
Ilustrasi ganti oli mesin motor berapa km?

GridOto.com - Sebagai pengguna Yamaha NMAX maupun Aerox 155, mungkin masih ada yang bingung soal waktu penggantian oli mesin yang tepat.

Pertanyaan ganti oli mesin berdasarkan kilometer atau jarak tempuh ini, kadang terpikirkan oleh pemilik motor yang khawatir salah kaprah dalam merawat kendaraan kesayangannya.

Menurut Service Advisor dari bengkel spesialis big matic Yoga Motoshop di Jakarta Timur, Abib, penggantian oli mesin dari skutik MAXI Series Yamaha ini sebaiknya dilakukan setiap 1.500 kilometer (km) sekali. 

"Ganti oli mesin motor dari MAXI Series seperti Yamaha Lexi, NMAX hingga XMAX anjurannya di sini setiap 1.500 km. Kalau pun telat, maksimal setiap 2.000 km," ujar Abib kepada GridOto.com belum lama ini.

Lanjut menurut Abib, anjuran ganti oli mesin tersebut demi menghindari penurunan performa hingga kerusakan di dalam mesin. 

"Jika ganti oli lebih dari 2.000 sampai 3.000 km sudah telat. Akibatnya bisa timbul suara aneh dari dalam mesin di bagian tensioner, pelatuk, dan yang paling parah klaher kruk as bisa kena, sehingga perlu turun mesin," jelas pria ramah ini.

Abib pun mengaku selama ini bengkelnya cukup banyak menemui kasus kerusakan mesin, akibat perilaku konsumen yang telat ganti oli mesin.

"Kalau dari pabrikan, patokan ganti oli per 4.000 km. Padahal ini kurang tepat menurut saya, sebab kondisi iklim di indonesia ini tropis dan panas, lalu lintasnya relatif macet di kota-kota besar, dan penggunanya juga banyak yang suka kencang naik motornya," ucapnya.

Baca Juga: Jangan Lupa Ganti Oli Gardan, Ini Dampaknya Kalau Sampai Telat

Abib menjelaskan, sebagian pengguna motor juga sering kali tidak menyadari kondisi oli mesin dan jarak tempuh kendaraannya.

Sehingga jika telat ganti oli, kondisi mesin motor akan mudah mengalami kerusakan.

"Analoginya ganti oli per 1.500 km itu sudah jauh jaraknya, sebab jarak Jakarta ke Surabaya saja sudah sekitar 1.000 km, bayangkan kalau touring sejauh itu pasti saat sampai tujuan inginnya ganti oli," ungkap Abib.

"Sedangkan kalau di Jakarta atau dalam kota, pemotor suka enggak sadar motornya sudah jalan jauh dalam waktu pemakaian tertentu semisal satu bulan. Padahal mobilitasnya tinggi, tau-tau jarak motor sudah 3.000 km dan belum ganti oli. Akibatnya mesin bisa jebol," sambungnya.

Yoga Motoshop, bengkel spesialis skutik besar di Cibubur, Jakarta Timur
Wisnu/GridOto.com
Yoga Motoshop, bengkel spesialis skutik besar di Cibubur, Jakarta Timur


Adapun untuk olinya, Abib biasa menggunakan oli Motul GP Matic dengan SAE 10w40.

"Untuk Yamaha NMAX, Lexi, dan Aerox 155 pakainya sebanyak 900 mililiter, sedangkan Yamaha XMAX pakai 1,5 liter. Harga olinya Rp 100 ribu termasuk jasa ganti oli," tutup Abib yang bengkelnya bermarkas di Jalan Bulak Ringin nomor 88, Cibubur.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa