Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

World Superbike Mandalika 2022

WSBK Indonesia 2022 Sukses Digelar, Catat Rekor Baru Hingga Hidupkan Pariwisata Lokal

Wisnu Andebar - Senin, 14 November 2022 | 13:05 WIB
Ilustrasi WSBK Indonesia
WorldSBK
Ilustrasi WSBK Indonesia

GridOto.com - Ajang balap motor internasional World Super Bike (WSBK) Indonesia 2022 yang digelar di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 11-13 November disebut berjalan lancar dan aman.

Direktur Operasi PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pengembang The Mandalika, dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Troy Reza Warokka mengatakan, suksesnya WSBK di Sirkuit Mandalika menjadi bukti bahwa Indonesia bisa menjadi tuan rumah penyelenggaraan event kelas dunia. 

"Sebagai promotor dan penyelenggara, kami berbangga karena WSBK Mandalika 2022 merupakan race bersejarah dan melahirkan juara dunia baru," ujar Troy dalam keterangan resminya, Senin (14/11/2022).

"Juga menghadirkan race ke-900 WSBK, menerbitkan rekor-rekor baru, termasuk rekor penonton yang mencapai 51.629 penonton selama tiga hari," sambungnya.

Indonesia juga mencatat sejarah dengan kemenangan talenta pembalap Veda Ega Pratama pada race satu dan dua Idemitsu Asian Talent Cup (IATC) dan keluar sebagai juara dunia ketiga IATC 2022 di WSBK Mandalika 2022 ini.

Tidak hanya itu, pada WSBK Mandalika 2022, ITDC-MGPA juga menyuguhkan sisi pariwisata budaya Indonesia yang kaya dan indah. 

Direktur Utama MGPA, Priandhi Satria mengungkapkan, penyelenggaraan WSBK dengan mengangkat sisi budaya lokal NTB terbukti menjadi nilai lebih dari balapan di Mandalika.

Menurutnya, pihak Dorna, pembalap, tim balap, serta media dari luar negeri sangat tertarik dan antusias dengan budaya yang dibawa ke event balapan ini.

"Hal ini merupakan tujuan kami bahwa selain menggelar balapan juga berkomitmen untuk mempromosikan NTB dan Indonesia ke khalayak dunia," paparnya.

Baca Juga: Belum Banyak yang Tahu, Ini Arti Dibalik Huruf N Pada Hyundai i30 N, Safety Car WSBK Mandalika 2022

"Sehingga keuntungan yang diperoleh tidak hanya dinikmati saat balapan berlangsung, tapi juga jangka panjang dalam bentuk peningkatan kunjungan ke NTB dan Mandalika," sambung Priandhi.

Adapun balapan WSBK Indonesia 2022 juga dimeriahkan oleh Nusantara Festival dan Lombok Sumbawa Fair, festival kesenian, musik dan kuliner, yang diantaranya menampilkan kesenian daerah.

Terdapat pula pertunjukan musik dari talenta lokal maupun nasional, serta keterlibatan berbagai UMKM lokal, guna mempromosikan destinasi unggulan, kerajinan, kuliner dan pertunjukan seni budaya lokal, serta nilai-nilai kearifan lokal NTB dan Indonesia.

Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan kegembiraannya atas kesuksesan penyelenggaraan WSBK 2022.

Menurutnya, dengan rekor jumlah penonton yang tercipta merupakan pembuktian banyak hal positif atas Sirkuit Mandalika dan BUMN yang terlibat di dalamnya.

"Tingginya jumlah penonton menunjukkan antusiasme publik terhadap gelaran dunia ini, juga kepercayaan terhadap keamanan Sirkuit Mandalika, serta kenyamanan sarana dan prasarana di sekitar Sirkuit Mandalika," sebut Erick

"Semua hal positif itu telah memberikan angin segar pada nama baik Indonesia sebagai tuan rumah WSBK. Tidak ada keraguan atas kemampuan Indonesia untuk menjadi tuan rumah perhelatan yang mendunia. Semuanya aman, nyaman, dan sukses," ujarnya lagi.

Erick juga menggarisbawahi bahwa suksesnya pelaksanaan kejuaraan dunia setinggi WSBK merupakan hasil kolaborasi banyak pihak yang turut terlibat.  

"Selain itu, para pembalap internasional yang ikut dalam kejuaraan WSBK, World Supersport (WSSP), dan IATC dapat menjadi duta Indonesia di mata dunia, termasuk mempromosikan kekayaan budaya dan potensi pariwisata Indonesia," imbuhnya.

"Mereka akan menyebarkan kabar baik dan indah tentang Indonesia di luar negeri," pungkas Erick.

Sebagai informasi, WSBK kali ini merupakan penyelenggaraan kedua setelah penyelenggaraan pertama pada November 2021, bertempat di Pertamina Mandalika International Circuit yang dibangun oleh ITDC dan dikelola oleh MGPA di dalam kawasan pariwisata The Mandalika.

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa