Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Seken Keren - Bikin Suara Mesin Kasar, Segini Biaya Perbaikan Pelatuk Klep Yamaha NMAX 155 Generasi Pertama

Wisnu Andebar - Minggu, 23 Oktober 2022 | 09:56 WIB
Yamaha NMAX generasi pertama kondisi bekas dijual mulai Rp 15 juta
Rizky
Yamaha NMAX generasi pertama kondisi bekas dijual mulai Rp 15 juta

GridOto.com - Buat sobat yang ingin meminang Yamaha NMAX 155 bekas generasi pertama, ada baiknya mengetahui masalah yang kerap menghantui skutik bongsor ini.

Adapun salah satu bagian yang patut diwaspadai oleh calon konsumen Yamaha NMAX 155 bekas lansiran 2015-2020 ini, yaitu kondisi mesinnya.

Utamanya ada bagian kepala silinder yang kerap mengeluarkan suara berisik alias ngelitik.

Menurut Zenal, Kepala Mekanik bengkel spesialis motor matic Rafi Matic (RFM), suara kasar yang timbul dari kepala silinder Yamaha NMAX lama biasanya timbul dari pelatuk klep atau rocker arm yang mulai oblak.

"Kelemahannya memang di pelatuk klep cepat bunyi ngelitik, jadi kasar suaranya," ujar Zenal saat GridOto.com temui di bengkelnya di Depok, Jawa Barat, Sabtu (22/10/2022).

Ia menjelaskan, pelatuk klep oblak biasanya disebabkan karena usia pakai dan perawatan yang kurang baik oleh pemiliknya.

"Penyebabnya bisa karena usia dan motor sudah menempuh jarak yang cukup jauh 90 ribu km ke atas, dan pemiliknya jarang ganti oli mesin," paparnya.

Kendati demikian, tidak menutup kemungkinan pelatuk klep mengalami kerusakan meski usia dan jarak tempuh motor masih sedikit, jika perawatannya tidak benar.

Zenal menyebut, untuk memperbaiki suara kasar yang timbul akibat pelatuk klep sudah mulai aus, solusinya bisa disetel terlebih dahulu jika kerusakan belum terlalu parah.

Baca Juga: Seken Keren - Yamaha NMAX 155 Tahun 2015-2020, Skutik Gambot Fenomenal di Masanya, Kini Harganya Mulai Rp 15 Jutaan

"Kalau masih bisa disetel dulu, biayanya Rp 80 ribu. Tapi kalau ganti pelatuk klep sekitar Rp 1 juta sudah termasuk jasa bongkar pasang," pungkasnya.

Sekadar info, harga Yamaha NMAX 155 bekas tahun 2015-2020 kini dibanderol mulai Rp 15 jutaan sampai Rp 24 jutaan tergantung kondisi dan tipenya.

Rival Honda PCX tersebut mengusung mesin SOHC 155 cc dengan pendingin cairan dan sistem pembakar injeksi.

Mesin itu diklaim mampu menghasilkan tenaga 14,8 dk di 8.000 rpm dan torsi maksimum sebesar 14,4 Nm di 6.000 rpm.

Rafi Matic (RFM)

Jl. Pitara, Gg. Hj. Ganeng No.11, Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat.

Telp: 085811490054

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa