Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Siap-siap, Jalan Tol Banda Aceh-Seulimeum Sepanjang 50 KM Ditargetkan Tuntas Akhir Tahun

Muslimin Trisyuliono - Kamis, 20 Oktober 2022 | 15:30 WIB
Kementerian PUPR targetkan ruas Jalan Tol Banda Aceh-Seulimeum sepanjang 50 km akan tuntas pada akhir Desember 2022.
Kementerian PUPR
Kementerian PUPR targetkan ruas Jalan Tol Banda Aceh-Seulimeum sepanjang 50 km akan tuntas pada akhir Desember 2022.

GridOto.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan ruas Jalan Tol Banda Aceh-Seulimeum sepanjang 50 km akan tuntas pada akhir Desember 2022.

Hal tersebut diungkapkan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat meninjau progres pembangunan Jalan Tol Banda Aceh-Sigli sepanjang 74,2 km pada Rabu (19/10/2022).

Dalam tinjauan kali ini, Basuki mengatakan Jalan Tol Banda Aceh-Sigli merupakan salah satu ruas utama Jalan Tol Trans Sumatera yang menjadi proyek strategis nasional untuk mendorong pertumbuhan dan pemerataan ekonomi di Aceh.

Ia pun mengingatkan pembangunannya agar menjaga keberlanjutan lingkungan dalam konstruksi Tol Banda Aceh-Sigli, salah satunya mengoptimalkan penghijauan khususnya pada tebing-tebing yang ada di sepanjang ruas tol.

"Tebing-tebing yang ada langsung dihijaukan lagi, ditanami kembali. Jika tidak diperlukan, jangan menebang pohon-pohon yang ada, sehingga kondisi alami tidak terganggu," ujar Basuki dalam keterangan tertulisnya, Rabu (19/10/2022).

Terkait progres, Basuki memberikan apresiasi kepada kontraktor yang telah menyelesaikan seksi 2, 3, dan 4 Jalan Tol Banda Aceh-Sigli.

"Alhamdulillah sudah dapat diselesaikan ruas bagian Banda Aceh-Sigli dengan kualitas yang baik," ucap Basuki.

Adapun Jalan Tol Sigli-Banda Aceh telah dioperasikan sebanyak 3 seksi, yaitu Seksi 2 Seulimeum-Jantho (6,26 km) yang beroperasi pada 8 Maret 2022.

Kemudian Seksi 3 Jantho-Indrapuri (16,37 km) yang beroperasi pada 26 Februari 2021, dan Seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang (14,6 km) yang telah diresmikan Presiden Joko Widodo pada 25 Agustus 2020.

Baca Juga: Bentangnya Sampai 513 Km, Ruas Tol Banda Aceh-Medan Bisa Pangkas Waktu Tempuh Jadi 5-6 Jam

Sedangkan untuk Seksi 1 Padang Tidji-Seulimum sepanjang 24,67 km saat ini progres lahannya sudah 97,35 persen dan progres konstruksi sebesar 82,35 persen dengan target rampung pada September 2023.

Selanjutnya Seksi 5 Blang Bintang-Kutobaro sepanjang 7,3 km ditargetkan selesai Desember 2022, dengan progres lahan 99,33 persen dan konstruksi 91,4 persen.

Sementara untuk Seksi 6 Kutobaro-Simpang Baitussalam sepanjang 5,01 km saat ini progres lahannya sebesar 97,8 persen dan konstruksi 82,39 persen yang juga ditargetkan selesai pada akhir 2022.

Sehingga secara keseluruhan 50 km dari Banda Aceh ke Seulimeum tuntas di akhir Desember 2022 yang akan datang.

Basuki mengungkapkan, dengan dibangunnya ruas tol ini akan memangkas jarak dan waktu tempuh perjalanan dari Banda Aceh ke Sigli dari sekitar 3 jam menjadi 1 jam perjalanan.

Adapun untuk total investasi pembangunan ruas tol Sigli-Banda Aceh ini sebesar Rp 12,35 triliun.

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa