Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jaga Kualitas dan Kepercayaan Konsumen, BBM Shell Selalu Rutin Dicek dari Kilang Hingga SPBU

Harun Rasyid - Minggu, 16 Oktober 2022 | 18:05 WIB
Ilustrasi. Kualitas BBM Shell selalu dipantau sebelum dijual di SPBU
GridOto.com
Ilustrasi. Kualitas BBM Shell selalu dipantau sebelum dijual di SPBU

GridOto.com - Menjaga kualitas bahan bakar minyak (BBM) merupakan salah satu yang sangat diperhatikan PT Shell Indonesia, sebelum resmi dijual ke konsumennya.

Menurut Inggrid Siburian, Presiden Direktur dan Country Chair Shell Indonesia, pihaknya selalu memantau kualitas BBM Shell secara berkala.

"Kami punya tim internal untuk product quality yang selalu melakukan pengecekan kualitas BBM Shell," ujar Inggrid saat konferensi pers, Sabtu (15/10/2022).

Lanjut menurut Inggrid, pengecekan kualitas BBM Shell dilakukan setiap di titik penyerahan sebelum diedarkan ke konsumen.

"Pengecekan mulai pada saat BBM sampai di kilang, dari kilang ke kapal, dari kapal ke terminal, terminal ke truk, sampai ke SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum). Ini kami lakukan untuk melihat standar baku kualitas sesuai ketentuan Migas," ucapnya.

Selain itu, Shell Indonesia juga mengklaim selalu mengirim secara berkala sampel BBM miliknya ke lembaga independen, agar tingkat oktan dan kualitas produk yang dijual aman untuk konsumen.

"Itu selalu kami lakukan untuk memastikan produk yang kami jual sesuai standar mutu dan kualitas yang kami janjikan ke masyarakat," jelas Inggrid.

Ilustrasi kualitas BBM Shell
Shell Indonesia
Ilustrasi kualitas BBM Shell


Pengecekan tersebut tidak memengaruhi penentuan harga BBM Shell di 192 SPBU yang berada di wilayah Jabodetabek, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur hingga Sumatera Utara.

Sebab Inggrid menyebut, penentuan harga BBM Shell selalu mengacu kepada peraturan pemerintah.

Baca Juga: Penjualan BBM Shell Naik Selama September 2022, Jumlah SPBU Bakal Diperluas di Lima Wilayah

"Selain itu, ada formula khusus yang harus kami ikuti dalam menentukan harga jual ke pelanggan. Bagi Shell ada beberapa faktor yang dipertimbangkan seperti MOPS (Mean of Platts Singapore), harga bahan baku, serta Volatility pasar," terang Inggrid.

Ia menambahkan, harga BBM Shell juga berdasarkan fluktuasi nilai tukar mata uang, pajak, cukai, biaya distribusi, konstanta dari pemerintah.

"Semua itu kami masukkan menjadi dasar dari harga jual bahan bakar kami," tutup Inggrid.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa