Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Enggak Mau Ketinggalan, Honda dan LG Umumkan Lokasi Pabrik Baterai Buat Kendaraan Listrik

Muslimin Trisyuliono - Kamis, 13 Oktober 2022 | 23:20 WIB
Honda telah mengungkap tampilan eksterior dan interior mobil listrik Honda Prologue.
American Honda Motor Co.
Honda telah mengungkap tampilan eksterior dan interior mobil listrik Honda Prologue.

GridOto.com - Honda Motor Co., Ltd dan LG Energy Solution mengumumkan lokasi pabrik baterai untuk kendaraan listrik Honda yang akan berpusat di Fayette County, Ohio, Amerika Serikat.

Pabrik ini nantinya akan memproduksi jenis baterai pouch-type yang akan disuplai untuk pabrik perakitan kendaraan listrik Honda di kawasan Amerika Utara, seiring meningkatnya tren kendaraan berbasis elektrik di wilayah tersebut

Pabrik tersebut akan mulai dibangun awal tahun 2023 mendatang dengan target produksi massal advanced lithium-battery cells pada akhir tahun 2025.

"Komitmen kami adalah menghasilkan produk dengan kualitas tinggi bersama Honda," ujar Dong-Myung Kim, Executive Vice President of Advanced Automotive Battery Division LG Energy Solution dalam keterangan tertulisnya, Kamis (13/10/2022).

"Tidak hanya itu, kami juga bersama-sama menciptakan lapangan kerja yang menguntungkan bagi kedua belah pihak," sambungnya.

Lebih lanjut, Executive Vice President American Honda Motor Co., Inc. Bob Nelson mengucapkan terima kasihnya kepada pemerintah setempat karena menyambut baik kerja sama antara Honda dan juga LG Energy Solution.

Nantinya Honda juga telah menyampaikan rencana globalnya untuk meluncurkan hingga 30 mobil berbasis listik pada tahun 2030, dengan produksi mencapai 2 juta unit setiap tahunnya.

Baca Juga: Pasokan Chip Semikonduktor Membaik, Honda Kejar Pesanan Konsumen yang Sudah Inden Lama

Pabrik baterai kendaraan listrik Honda dan LG Energy Solution di Amerika Serikat dengan nilai total investasi sebesar 3,5 miliar dolar Amerika Serikat.

Jika dirupiahkan setara dengan Rp 53,8 triliun (1 dolar AS = Rp 15.414 pada 13/10/2022).

Adapun kapasitas target produksi pabrik ini per tahunnya mencapai 40GWh dan juga dapat menyerap sekitar 2.200 tenaga kerja di kota Fayette County dan sekitarnya.

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa