Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Electric Mobility (ELMO)

Kendaraan Listrik Banderol Murah Bukan Mustahil, Menhub Ungkap Tiga Strategi Ini

Muslimin Trisyuliono - Jumat, 30 September 2022 | 11:35 WIB
ilustrasi motor listrik - kenaikan harga BBM sangat berpengaruh terhadap konsumen
United E Motor Bali
ilustrasi motor listrik - kenaikan harga BBM sangat berpengaruh terhadap konsumen

GridOto.com - Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan terus mendorong penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai (KBLBB) di Tanah Air.

Hal ini dilakukan agar upaya peralihan dari kendaraan berbahan bakar fosil (BBM) ke kendaraan listrik bisa dilakukan dengan lebih cepat.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, mengatakan peralihan bisa semakin cepat bila didukung sektor industri hingga pemangku kepentingan berkolaborasi menciptakan kendaraan listrik dengan harga ekonomis.

"Tahun ini pertumbuhan sektor transportasi adalah 21 persen, mengisi pertumbuhan nasional 5,4 persen. Kalau kita bicara electric vehicle itu adalah sesuatu yang terbarukan jadi ada upaya yang harus kita lakukan," ujar Menhub di Jakarta, Rabu (28/09/2022).

Lanjut menurut Menhub, dengan harga motor listrik Rp 16 juta ditambah desain dan kualitas baterai yang baik akan sangat menarik minat masyarakat.
 
"Hari ini tercatat kendaraan roda dua itu 133 juta dengan pertumbuhan 5 juta unit per tahun. Sebelum Covid-19 pertumbuhannya 10 juta per tahun," ucap Menhub.

"Ini pasarnya besar sekali, jumlah motor listrik yang dijual masih sedikit sekali. Bagi produsen yang sudah memproduksi motor listrik Anda memiliki masa depan yang baik," sambungnya.

Menhub Budi Karya Sumadi dukung motor listrik karya anak bangsa sampai tahap produksi
Universitas Budi Luhur
Menhub Budi Karya Sumadi dukung motor listrik karya anak bangsa sampai tahap produksi

Menhub mengungkapkan, ada tiga hal yang harus diupayakan untuk menciptakan kendaraan listrik dengan harga lebih ekonomis.

Pertama adalah membuat baterai dengan harga kompetitif namun memiliki daya jelajah yang tinggi.

Baca Juga: Sempat Optimis, Kementerian ESDM Akui Belum Bisa Konversi 1.000 Unit Motor Listrik di Tahun Ini, Ini Alasannya

Kemudian yang kedua memproduksi motor produk dalam negeri, dan ketiga memperbanyak stasiun pengisian baterai.

Menurutnya apabila ketiga hal ini dilakukan dengan sistematis akan memberikan harga kendaraan listrik yang relatif murah untuk masyarakat.

"Pada saat itu saya yakin para produsen ini bisa panen. Bukan 10 ribu unit, tetapi minimal kalau 10 juta, 5 persen atau 1 juta unit kendaraan listrik menjadi jumlah yang banyak," pungkas Menhub.

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa