Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda City Generasi Ke-6 Perawatan Matik Enggak Ribet, Catat Nih Interval dan Biaya Pengantian Olinya

Muslimin Trisyuliono - Selasa, 27 September 2022 | 12:33 WIB
Honda City generasi ke-6
Dok. OTOMOTIF Group
Honda City generasi ke-6

GridOto.com - Sebelum meminang Honda City generasi ke-6 bekas, ada baiknya sobat memperhatikan anjuran perawatan transmisi matik.

Hal tersebut perlu sobat diperhatikan agar usia transmisi matik dari Honda City generasi ke-6 selalu optimal dan memiliki usia yang panjang.

Menurut Pemilik bengkel spesialis Honda Clinic Pradana di Depok, Jawa Barat, Tri Pranoto, perawatan matik dari Small Sedan ini sebaiknya dilakukan setiap kelipatan 20 ribu km.

"Penggantian oli matik sesuai buku manual per 40 ribu km. Untuk usia di atas 5 tahun lebih baik intervalnya lebih rapat jadi per 20 ribu km itu lebih aman," ujar Tri kepada GridOto.com belum lama ini.

Tri melanjutkan, penggantian metode refill untuk Honda City generasi ke-6 membutuhkan tiga liter menggunakan oli transmisi Honda HCF-2.

"Pakainya Honda HCF-2 kemasan galon 3,5 liter harga Rp 390 ribu," ucap Tri.

Selanjutnya, pada kelipatan 80 ribu km konsumen dianjurkan melakukan penggantian oli matik dengan metode flushing atau kuras.

Tri menjelaskan, ini dilakukan untuk membersihkan sisa-sisa oli dan kotoran yang berada di dalam komponen transmisi.

"Flushing disarankan per 5 tahun pertama atau 80 ribu sampai 100 ribu km, pemakaian oli bisa 8 sampai 10 liter. Biaya jasa Rp 250 ribu," pungkasnya.

Baca Juga: Honda City Generasi Ke-6 Jangan Dikasih BBM Sembarangan, Ini Rekomendasi yang Pas

Sebagai informasi, Honda City generasi ke-6 dipasarkan di Indonesia pada medio 2014 sampai 2020.

Small sedan ini dibekali dengan mesin berkapasitas 1.500 cc i-VTEC SOHC 4 silinder yang dapat menyemburkan tenaga sebesar 118 dk dan torsi puncak 145 Nm.

Secara fitur, Honda City ini memiliki sejumlah teknologi yakni Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Force Distribution (EBD), dan Vehicle Stability Assist (VSA).

Selain itu, ada juga fitur Brake Override System yang membuat mobil melakukan pengereman ketika pedal gas dan pedal rem terinjak bersamaan.

Honda Clinic Pradana: Jl. Raya Muchtar no. 86, Sawangan, Depok, Jawa Barat (0812-8640-286)

Editor : Eka Budhiansyah

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa