Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jalan Tol Bocimi Seksi 2 Ruas Cigombong-Cibadak Ditargetkan Rampung Desember 2022, Progres Sudah 86 Persen

Muslimin Trisyuliono - Kamis, 22 September 2022 | 19:17 WIB
Tol Bocimi telah memasuki pengerjaan Seksi 2 ruas Cigombong-Cibadak progres kontruksi telah mencapai 86 persen.
Dok. Kementerian PUPR
Tol Bocimi telah memasuki pengerjaan Seksi 2 ruas Cigombong-Cibadak progres kontruksi telah mencapai 86 persen.

GridOto.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan ruas Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) akan tersambung pada 2024 mendatang.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, mengatakan saat ini progresnya telah memasuki pengerjaan Seksi 2 ruas Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 km.

Adapun pengerjaan dari Seksi 2 ruas Cigombong-Cibadak saat ini progres kontruksi telah mencapai 86 persen dan ditargetkan selesai pada Desember 2022.

Setelah Seksi 2 selesai kontruksinya dan beroperasi akan dilanjutkan Seksi 3 ruas Cibadak-Sukabumi Barat sepanjang 13,70 km.

"Semua ruas ini semoga selesai tahun 2024 sampai dengan minimal Sukabumi Barat, artinya sudah melewati titik kemacetan yang parah di Pasar Cibadak," ujar Basuki dalam keterangan tertulisnya, Kamis (22/09/2022).

Basuki menjelaskan, Jalan Tol Ciawi-Sukabumi memiliki 4 seksi dengan total panjang keseluruhan 54 km dengan progres Seksi 1 Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 km sudah beroperasi sejak Desember 2018 lalu.

Sementara dua seksi lainnya yakni Seksi 3 Cibadak-Sukabumi Barat sepanjang 13,70 km progres sudah pembebasan lahan 42,07 persen.

"Seksi 4 ruas Sukabumi Barat-Sukabumi Timur sepanjang 13,05 km dengan progres pembebasan lahan 9,59 persen," ucapnya.

Basuki melanjutkan, nantinya untuk ruas Tol Cigombong-Cibadak akan terkoneksi dengan wilayah Bogor yang terhubung dengan ruas tol Jagorawi.

Baca Juga: Pemkab Sukabumi Kecewa, Jalan Tol Bocimi Seksi 2 Gak Masuk Daftar Prioritas Pembangunan

"Sehingga dapat mengurangi waktu tempuh dari Jakarta menuju Sukabumi yang sebelumnya 4 sampai 5 jam melalui jalan alternatif menjadi 2 jam lebih cepat," ucap Basuki.

Selain itu, ruas tol ini nantinya diharapkan menjadi alternatif penghubung menuju kawasan pariwisata di sekitar kawasan Lido, Sukabumi, Pelabuhan Ratu, Ujung Genteng hingga Geopark Ciletuh.

Editor : Eka Budhiansyah

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa