Tidak Ada yang Rusak, Lampu MIL Motor Injeksi Menyala, Ini Penyebabnya

Isal - Jumat, 23 September 2022 | 07:20 WIB
Ini penyebab lampu MIL menyala padahal enggak ada kerusakan
Anton/GridOto.com
Ini penyebab lampu MIL menyala padahal enggak ada kerusakan

GridOto.com - Lampu MIL (malfunction indicator lamp) pada motor injeksi tiba-tiba menyala tanpa ada kerusakan, berikut penyebabnya.

Lampu malfunction indicator lamp atau MIL pada motor injeksi berfungsi untuk menandakan jika ada kerusakan pada sistem injeksi.

Namun kalau lampu MIL tiba-tiba menyala tapi enggak ada kerusakan, ternyata bisa disebabkan hal sepele seperti soket yang kurang kencang.

Hal ini pernah ditemukan oleh bengkel spesialis motor Honda, Prakasha Motor.

Baca Juga: Ini Daftar Lengkap Arti Kedipan Lampu MIL di Motor Honda

"Penyebab lampu MIL tiba-tiba menyala namun setelah diperiksa enggak ada kerusakan, bisa jadi dari soketnya ada yang kendur atau kurang kencang," ucap Bambang Hermanto, Owner bengkel spesialis motor Honda, Prakasha Motor kepada GridOto.

"Bisa jadi akibat goncangan seperti saat motor melewati polisi tidur atau jalan rusak, membuat pin yang ada di soket copot sebentar kemudian tersambung lagi," tambahnya.

Menurut Bambang, ECU akan menyalakan lampu MIL ketika sensor-sensor pada sistem injeksi terputus aliran listrik walau sebentar.

"Ini sering terjadi pada soket sensor yang ada di throttle body (TB) seperti TPS dan sensor udara," ungkap Bambang.

Penyebab lampu MIL tiba-tiba nyala setelah diperiksa enggak ada kerusakan bisa dari soketnya yang kendur atau kurang kencang
Rudy Hansend
Penyebab lampu MIL tiba-tiba nyala setelah diperiksa enggak ada kerusakan bisa dari soketnya yang kendur atau kurang kencang


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa