Banyak Keluhan Pakai Pertalite Jadi Boros, Pertamina Langsung Buka Suara

Ruditya Yogi Wardana - Rabu, 21 September 2022 | 17:29 WIB
Keluhan masyarakat terkait pakai Pertalite jadi boros semakin mencuat di media sosial.
Dwi Wahyu R./GridOto.com
Keluhan masyarakat terkait pakai Pertalite jadi boros semakin mencuat di media sosial.

GridOto.com - Keluhan masyarakat saat kendaraan mereka pakai Pertalite jadi boros konsumsi bahan bakarnya semakin mencuat di media sosial.

Salah satunya dirasakan oleh akun TikTok @danu.hermawan yang sudah mengisi motornya full tank pakai Pertalite, tapi tetap saja terasa boros konsumsi bahan bakarnya.

Terkait keluhan pakai Pertalite jadi borosIrto Ginting selaku Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga pun buka suara.

Ia menegaskan kalau Pertalite tidak mengalami perubahan spesifikasi, meski harganya naik.

@danu.hermawan #pertaliteboros #bbmnaik #pertamina #ojol #ojoltiktok #grab #goojek #driver #pertalite #pertamax #vivo #netizenindonesia #netizen #fyp #flks ♬ Bam Bam Full Beat - Nata HG

Standar dan mutu BBM RON 90 Pertamina tersebut juga sudah dijaga serta dipasarkan melalui lembaga penyalur resmi sesuai dengan keputusan Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas).

Aturannya bahkan sudah tertulis dalam Keputusan Dirjen Migas Nomor 0486.K/10/DJM.S/2017 tentang Standar dan Mutu Bahan Bakar Minyak Bensin 90 yang Dipasarkan di Dalam Negeri.

"Produk BBM Pertamina jenis Pertalite tidak mengalami perubahan spesifikasi," tegasnya, dikutip dari Kompas.com, Selasa (20/09/2022).

Lebih lanjut ia menjelaskan salah satu batasan dalam spesifikasi yang ditetapkan Dirjen Migas, yakni terkait tingkat penguapan kamar menggunakan parameter Reid Vapour Pressure (RVP).

Baca Juga: Pemilik Mobil Hanya Bisa Isi BBM 120 Liter Pertalite Per Hari, Begini Kata Menteri ESDM

Baca Juga: Cegah Stok Habis Dalam Waktu Dekat, Pertamina Lakukan Pembatasan Pertalite 120 Liter Per Hari


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa