Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Musim Hujan Datang, Hindari Pakai Jas Hujan Model Ponco Saat Berkendara, Ini Bahayanya

Wisnu Andebar - Minggu, 11 September 2022 | 13:45 WIB
Tips memilih jas hujan yang tepat, jas hujan model Ponco tidak disarankan
TMC Polda Metro Jaya
Tips memilih jas hujan yang tepat, jas hujan model Ponco tidak disarankan

GridOto.com - Jas hujan menjadi salah satu perlengkapan penting bagi pengendara motor, mengingat pada September 2022 ini sudah memasuki musim hujan.

Namun, dalam memilih jas hujan sebaiknya jangan sembarangan dan harus memerhatikan jenis serta bahan yang digunakan.

Menurut Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), ketika hendak membeli jas hujan, sebaiknya hindari model ponco karena dapat membahayakan keselamatan.

"Dengan desainnya yang seperti jubah, bagian bawah jas hujan ponco dapat tersangkut di roda ataupun gir rantai motor," kata Hariadi dalam keterangan resminya belum lama ini.

Di samping itu, jas hujan model ponco disebut tidak efektif melindungi dari air hujan karena modelnya yang mudah berkibar.

Hariadi menyarankan, dalam pemilihan jas hujan sebaiknya pilih model setelan terdiri dari baju dan celana, yang sesuai dengan ukuran tubuh.

Pasalnya, jika jas hujan terlalu besar akan menumpuk atau terlipat di beberapa bagian dan parahnya dapat tersangkut di roda maupun gir rantai.

"Sedangkan jas hujan yang terlalu kecil dapat membuat ruang gerak menjadi terbatas dan tidak maksimal menutupi pakaian dan tubuh dari terpaan air hujan," terangnya.

Lebih lanjut, dari sisi bahan jas hujan Hariadi tidak menyarankan penggunaan bahan parasut lantaran dapat membuat gerah.

Baca Juga: Sudah Masuk Musim Hujan, Ahli Safety Riding Ingatkan Bahaya di 10 Menit Pertama Turun Hujan

Sedangkan jas hujan dari bahan plastik tentu tidak awet karena mudah sobek.

"Bahan jas hujan yang disarankan adalah coating glossy atau polyvinyl chloride (PVC) yang tebal dan kedap," terang Hariadi.

Ia menambahkan, sebaiknya pilih warna jas hujan yang terang atau mencolok agar terlihat pengendara lain terutama di malam hari.

"Misalnya hijau, kuning, oranye, atau merah menyala, lebih baik lagi jika memilih jas hujan yang dilengkapi dengan scotlite atau reflector," pungkasnya.

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa