Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ingat Lagi, Penting Pastikan Oli Yang Tepat Untuk Motor Matik

Ivan Casagrande Momot - Sabtu, 27 Agustus 2022 | 09:35 WIB
Ilustrasi penggantian oli untuk motor matik
istimewa
Ilustrasi penggantian oli untuk motor matik

GridOto.com - Ingat lagi, penting pastikan oli yang tepat untuk motor matik.

Menjamurnya motor matik, tentu perlu disikapi oleh para penggunanya untuk melakukan perawatan yang tepat, termasuk penggantian oli.

Motor bertransmisi manual dan otomatis (matik) memiliki sistem yang berbeda, dan butuh oli yang berbeda juga satu sama lain.

Karena pada motor manual memakai kopling basah, kopling terendam oleh oli. Sementara motor matik memakai kopling kering.

“Sebaiknya motor bertransmisi manual tidak menggunakan oli mesin yang memang dirancang khusus untuk motor transmisi otomatis. Oli motor untuk mesin otomatis memang dirancang khusus untuk motor kopling kering, jika digunakan di motor kopling basah (manual) akan berpotensi mengalami selip,” sebut Reza Ben Ungerer, Division Head B2C PT Pana Oil Indonesia.

Ilustrasi ganti oli motor
GridOto.com
Ilustrasi ganti oli motor

Oli khusus untuk motor manual kekentalan olinya lebih tinggi dibandingkan oli motor matik.

Hal ini karena oli motor bertransmisi manual akan bekerja lebih keras untuk memastikan proses perpindahan gigi bisa dilakukan sesuai kondisi jalan.

Sedangkan oli motor matik akan lebih encer, sesuai fungsinya untuk memberikan perlindungan terhadap mesin saja.

Langkah praktis untuk tahu perbedaan oli untuk motor transmisi manual dan otomatis ialah dengan melihat kode JASO (Japanese Automotive Standards Association).

Oli untuk motor manual bertuliskan JASO MA. Kode tersebut menunjukkan bahwa oli  engandung zat aditif berupa senyawa yang berfungsi untuk membuat kopling menjadi presisi.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa