Pertamina Dibikin Puyeng, Kuota Pertalite dan Solar Untuk 2022 Sudah Menipis, Bisa Terjadi Kelangkaan Nantinya

Ruditya Yogi Wardana - Sabtu, 6 Agustus 2022 | 12:40 WIB
Kuota BBM subdisi seperti Pertalite dan Solar untuk 2022 sudah menipis, sehingga bisa menimbulkan kelangkaan ke depannya.
Kompas.com/Kristianto Purnomo
Kuota BBM subdisi seperti Pertalite dan Solar untuk 2022 sudah menipis, sehingga bisa menimbulkan kelangkaan ke depannya.

GridOto.com - Peningkatan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi, seperti Pertalite dan Solar pada semester pertama 2022 bikin PT Pertamina Patra Niaga puyeng.

Soalnya meningkatnya konsumsi Pertalite dan Solar yang meningkat ini bisa membuat kuota BBM subsidi untuk 2022 semakin menipis.

Kepala Ekonom Bank Pertama, Josua Pardede menilai kalau kuota BBM subsidi semakin menipis jelas bukan hal yang mengejutkan kalau sampai terjadi kelangkaan ke depannya.

Untuk mengantisipasi adanya kelangkaan BBM subsidi, PT Pertamina pun menyeleksi penerima yang berhak melalui aplikasi digital.

"Tinggal implementasi penggunaan aplikasinya yang sekarang kudu disiapkan dan dieksekusi dengan baik," jelasnya, dikutip dari Kompas.com, Selasa (02/08/2022).

Ia melanjutkan sistem kuota memang kurang efektif dalam mengontrol konsumsi BBM subsidi.

Soalnya sistem ini bisa mengakibatkan adanya kelangkaan di beberapa wilayah, juga berpotensi terjadinya kebocoran yang cukup besar.

Gambaran tidak efektifnya sistem kuota yakni masyarakat bisa membeli Pertalite dalam jumlah banyak karena punya daya beli yang lebih besar.

Namun di sisi lain, percepatan penerapan aplikasi MyPertamina bagi masyarakat bisa mengatasi masalah itu.

Baca Juga: Pengguna BBM Subsidi Dibatasi, Awas Pakai Knalpot Racing Bikin Motor Boros Bensin


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa