Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

AHM Luncurkan Pendidikan Berbasis TEFA ke SMK Bina Mandiri, Apa Itu?

M. Adam Samudra - Rabu, 3 Agustus 2022 | 06:01 WIB
AHM resmikan TEFA
AHM
AHM resmikan TEFA

GridOto.com - PT Astra Honda Motor (AHM) merilis pendidikan vokasi melalui konsep teaching factory (TEFA) yang bekerja sama dengan bengkel Astra Honda Authorize Service Station (AHASS).

SMK Bina Mandiri Bekasi terpilih sebagai sekolah pertama yang menerapkan proses belajar Tefa.

Tak hanya itu, SMK Bina Mandiri ini menjadi tempat siswa belajar dengan orientasi bisnis layanan purna jual sepeda motor.

General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengungkapkan, program Tefa ini dikembangkan dalam upaya membawa suasana industri ke sekolah.

Tujuannya agar para peserta didik mampu mengimplementasikan pengetahuan dalam suasana dan standar kerja industri sesungguhnya.

“Kami berusaha membekali para peserta didik dengan pengalaman lebih mendalam sesuai dengan praktik professional yang ada di industri sepeda motor," kata Muhib sapaan akrabnya melalui keterangan resmi, Rabu (3/8/2022).

Bekerja sama dengan AHASS di wilayah Bekasi, sekolah mitra binaan ini akan menjadi Pos AHASS Tefa

Nantinya konsep Tefa yang dikembangkan AHM bersama Main Dealer ini akan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan siswa.

Baca Juga: Naik Motor Sambil Membonceng Anak Kecil di Depan Ternyata Bahaya, Ahli Safety AHM Kasih Tips Biar Aman

Konsep Tefa ini akan hadir di sekolah SMK Mintra Binaan AHM yang telah memiliki status Grade A+ dan menjadi sekolah Tempat Uji Kompetensi (TUK).

Selain itu, sebagai Pos AHASS Tefa, sekolah dipersyaratkan melengkapi sarana dan prasarana workshop dengan beragam fasilitas seperti ruang tunggu konsumen, jumlah pit minimal 2 serta fasilitas pendukung lainnya.

Ahass yang ditunjuk sebagai pembina akan mendampingi implementasi Tefa dalam hal operasional dan standarisasi kualitas pekerjaan di Pos AHASS Tefa. 

Beragam layanan purna jual bagi konsumen hadir di Pos AHASS Tefa seperti pengerjaan perawatan berkala, pergantian oli serta penggantian suku cadang sepeda motor Honda.

Dalam menjaga kualitasnya proses kerja, hasil kerja dan suku cadang yang digunakan, setiap Pos akan diawasi secara langsung oleh mekanik AHASS yang telah bekerjasama. 

SMK Bina Mandiri di kota Bekasi menjadi Pos AHASS TEFA bekerjasama dengan AHASS 8099 Muni Subadja yang berada di kawasan Bintara- Bekasi, Jawa Barat.

“Terima kasih untuk AHM dan Main Dealer DAM atas kepercayaannya kepada sekolah kami untuk menjadi sekolah pertama di Indonesia yang secara resmi memiliki pos AHASS Tefa," ujar Kepala Sekolah SMK Bina Mandiri Endah Sulistiani.

 

Editor : Eka Budhiansyah

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa