Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Canggih Banget, Yamaha Siapkan Teknologi Motor Jalan Sendiri

Muhammad Farhan - Selasa, 23 Agustus 2022 | 10:00 WIB
Yamaha kembangkan teknologi motor self-driving
Greatbiker
Yamaha kembangkan teknologi motor self-driving

GridOto.com - Canggih banget, ternyata pabrikan motor Yamaha diketahui sedang menyiapkan teknologi self-driving alias bikin motor bisa jalan sendiri!

Hal tersebut diketahui lewat proses investasi lanjutan yang dilakukan Yamaha kepada salah satu pengembang sistem autononous driving, Tier IV.

Investasi yang dilakukan merupakan bukti keseriusan pabrikan ini, setelah memulai proyek tersebut pertama kali pada tahun 2017.

Sebagai informasi, Yamaha pertama kali melakukan riset dan pengembangan sistem autonomous driving dengan pembalap Valentino Rossi di tahun tersebut.

Awalnya sistem autonomous milik Yamaha hanya bisa berkendara di track lurus dengan kecepatan dibawah 150 km/jam.

Kemudian saat ini, sistemnya sudah berkembang dan bisa menjalankan motor mengitari track dan mampu mencetak lap time 30 detik lebih lambat dibandingkan Rossi.

Salah satu penyebabnya kenapa lebih lambat adalah, robot self-driving belum bisa bergerak dengan halus saat motor dipakai bermanuver di tikungan.

Bukan enggak mungkin, nantinya sistem tersebut bisa menyamakan kemampuan manusia saat berkendara motor atau bahkan lebih baik.

Ilustrasi motor self-driving buatan Yamaha
newmotor
Ilustrasi motor self-driving buatan Yamaha

Nah investasi lanjutan yang dilakukan Yamaha diharapkan mampu meningkatkan kemampuan sistem autonomous supaya fungsinya lebih canggih.

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa