Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pecah Rekor, ASC 2022 Hadirkan Ajang Kompetisi Audio Mobil SQL Terbanyak Hingga Tembus 160 DB

Radityo Herdianto - Minggu, 31 Juli 2022 | 12:22 WIB
Kompetisi Audio Mobil ASC yang Berlangsung di Meikarta, Cikarang, Jawa Barar
Dok. ASC
Kompetisi Audio Mobil ASC yang Berlangsung di Meikarta, Cikarang, Jawa Barar

GridOto.com - Pecah rekor, Audiomobil Sound Competition (ASC) 2022 hadirkan ajang kompetisi audio mobil SQL (Sound Quality Loud) terbanyak hingga 160 dB.

Ajang kompetisi audio mobil ASC 2022 telah berlangsung di Meikarta District I, Cikarang, Jawa Barat pada 23-24 Juli 2022.

Pergelaran ajang kompetisi audio mobil ASC 2022 ini menjadi wadah bagi pelaku industri sekaligus pehobi car audio yang ingin memamerkan produk serta kreativitas garapannya.

Dalam perhelatan perdana ini juga ikut serta para juri dari pakar car audio di Indonesia seperti Maslim Djanuanto, Iwan Zulkarnaen, Ayung, Doni Duta dan Harten Widjaja.

Baca Juga: Cartens Autosound Pamer Modifikasi Audio Paling Pol di Hyundai IONIQ 5

"Yang dilombakan dalam kompetisi ini adalah kelas SQ (Sound Quality) dan SQL," kata Achmad Syarifudin, selaku ketua panitia pelaksana ASC 2022 dalam keterangan resmi.

"Serta kami berkolaborasi dengan merek ternama seperti Daihatsu, Momentum, Pioneer, Venom Audio, ESB Audio, Gramond Audio Technology, Performa, Rockford Fosgate, Helix, dan MB Quart," jabarnya.

Perlombaan Kompetisi Audio Mobil ASC 2022 Menilai Kelas SQ dan SQL
Dok. ASC
Perlombaan Kompetisi Audio Mobil ASC 2022 Menilai Kelas SQ dan SQL

Penilaian kompetisi mengadopsi regulasi Asosiasi IASCA (International Auto Sound Challenge Association) dengan hasil nilai tonal sistem audio dikali tiga dari setiap poin penilaian.

Dilihat juga dari objektivitas suara yang disajikan dari kenyamanan suara setiap mobil didengar dari jarak ideal dari setiap kelas.

"Kelas SQ yang dilombakan terdiri dari Pro Pro FFA, dan Pro DSP, serta kelas SQL 2 Beginner 2 sub, Master 2 sub, dan Master 4 sub," papar Achmad.

Baca Juga: Bermesin Gahar, Modifikasi Innova Ini Pamer Kabin Nyaman dan Audio Kece

Berdasarkan hasil pantauan selama event, desibel suara tertinggi ada yang mencapai level 160 dB dengan jarak pengukuran mikrofon 10 cm dari subwoofer dengan limitasi wattage tak terbatas.

Melihat animo peserta yang meramaikan ajang ASC 2022 yang datang dari berbagai kota seperti Purwokerto, Brebes, Tasikmalaya, Bandung, Banyumas, Serang, Tangerang, Cikarang, dan Jakarta, Achmad berharap ini menjadi acara reguler tahunan kedepannya.

"Rencana akan berlanjut secara reguler di lima kota satelit di Pulau Jawa dan sekitarnya dengan tujuan menciptakan para pemain car audio yang belum pernah mengikuti kontes khususnya di luar kota besar," ujar Achmad.

Editor : Eka Budhiansyah

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa